UGM Menggelar Upacara Wisuda Online, 'Ini Tak Mengurangi Perjuangan Saudara di Kampus' Ujar Rektor

UGM Menggelar Upacara Wisuda Online, 'Ini Tak Mengurangi Perjuangan Saudara di Kampus' Ujar Rektor
(Dok Humas UGM Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 21 Oktober 2020 13:30 WIB

Terasjabar.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar upacara wisuda Program Pascasarjana periode III Tahun Akademik 2019/2020, periode IV Tahun Akademik 2019/2020, dan Periode I Tahun Akademik 2020/2021 secara daring atau online dan luring di Halaman Balairung UGM, Rabu (21/10/20). Rektor UGM, Panut Mulyono pun menilai, upacara wisuda daring tak mengurangi makna perjuangan mahasiswa selama di kampus.

Untuk upacara wisuda secara luring dilakukan dengan prosesi serta peserta yang dibatasi yang hanya diikuti perwakilan wisudawan sebanyak 20 orang, rektor, wakil rektor, dekan, dan jajaran pimpinan UGM. Selain itu, juga dilaksanakan dengan mengikuti ketentuan dan standar protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Panut Mulyono mengatakan, pelaksanaan wisuda di UGM kali ini digelar secara berbeda akibat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk turut berubah dengan mengadaptasi kebiasaan-kebiasaan baru.

Demikian juga dengan penyelenggaraan upacara wisuda, setelah sempat tertunda beberapa waktu, akhirnya UGM kembali menyelenggarakan wisuda, namun secara daring. Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk menekan mata rantai penyebaran virus corona baru dan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri serta orang-orang di sekitar.

“Kondisi ini memang tidak ideal dan mungkin juga tidak sesuai dengan harapan saudara-saudara sekalian. Namun, ini tidak mengurangi makna dan penghargaan atas perjuangan yang telah saudara lalui di kampus,” kata Panut Mulyono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/10/2020).

FOLLOW JUGA :

Pandemi Covid-19, disebutkan Panut Mulyono, telah memberikan dampak yang luas bagi kehidupan bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Pandemi menjadikan pertumbuhan ekonomi menukik tajam, industri dan berbagai kegiatan bisnis mengalami kesulitan, dan ancaman pemutusan hubungan kerja terjadi di berbagai sektor.

Namun, pandemi Covid-19 juga telah mempersatukan, memperkuat solidaritas dan kepedulian, membangkitkan kembali jiwa gotong-royong masyarakat yang selama ini seolah sirna. Di samping itu, pandemi mampu memacu kreativitas dan inovasi anak bangsa. Terbukti hasil kerja sama riset antar perguruan tinggi dengan para mitra di bidang penemuan vaksin dan obat, alat-alat kesehatan, dan usaha-usaha pemulihan ekonomi membuahkan banyak hasil yang sangat baik.

Dalam jangka waktu beberapa bulan terakhir, lanjut Rektor, UGM telah turut berkontribusi untuk mengatasi pandemi serta dampak-dampak yang dibawanya, baik bagi sivitas UGM maupun bagi masyarakat luas. Secara internal, UGM telah menerapkan sejumlah inovasi kebijakan mulai dari penerapan kuliah daring beserta pemberian bantuan paket data, bantuan sembako bagi mahasiswa, dan keringanan UKT, serta pembentukan Satgas Covid-19 UGM.

Sementara dalam lingkup yang lebih luas, UGM melalui para penelitinya turut serta menangani dampak pandemi di bidang kesehatan melalui pengembangan produk inovasi berbasis riset. Beberapa di antaranya berupa ventilator untuk pasien Covid-19, alat deteksi cepat pasien Covid-19 berbasis senyawa organik volatil pada napas pasien yang dinamakan GeNose, alat deteksi cepat Covid-19 RI-GHA 19, thermal gate scanner, bilik swab pintar, alat sterilisasi masker, serta sejumlah produk inovasi lainnya.

Panut berharap para wisudawan yang telah diwisuda hari ini dapat turut mengambil bagian dalam upaya-upaya kreatif untuk mengatasi pandemi yang diyakini dampaknya akan masih dirasakan hingga beberapa tahun mendatang. Sebagai alumni UGM, membawa mandat untuk menggunakan ilmu yang dimiliki untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan rakyat dan memajukan Indonesia.

“Selamat atas pencapaian yang telah Saudara-saudara raih di kampus ini, yang mengawali perjalanan saudara yang gemilang di masa mendatang," katanya.

Pada wisuda program pascasarjana periode I Tahun Akademik 2020/2021 di bulan Oktober 2020 ini sekaligus diikuti oleh wisudawan dari periode III Tahun Akademik 2019/2020 atau wisuda bulan April 2020 dan wisudawan periode IV Tahun Akademik 2019/2020 atau wisuda bulan Juli 2020.

Disadur dari iNews.id

UGM Pandemi COvid-19 Upacara Wisuda Program


Loading...