Wapres Ma'ruf Amin Menginginkan Program Pencegahan Stunting Terus Berjalan, 'Jangan Sampai Pandemi Covid-19 Menambah Jumlah Anak Stunting'

Wapres Ma'ruf Amin Menginginkan Program Pencegahan Stunting Terus Berjalan, 'Jangan Sampai Pandemi Covid-19 Menambah Jumlah Anak Stunting'
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 21 Oktober 2020 13:16 WIB

Terasjabar.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menginginkan program pencegahan stunting terus berjalan meski di tengah pandemi covid-19. Dia meminta jangan sampai pandemi covid-19 memperparah jumlah anak stunting.

Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin dalam Rapat Koordinasi Teknis Nasional Percepatan Pencegahan Stunting yang diselenggarakan Kemensetneg secara virtual, Rabu (21/10/2020).

"Stunting harus kita cegah bersama. Saya mengingatkan program kegiatan pencegahan stunting harus tetap dilakukan meski di masa pandemi. Jangan sampai masa pandemi ini menambah jumlah anak stunting dalam beberapa tahun ke depan," ujarnya.

FOLLOW JUGA :

Ma'ruf prihatin melihat data yang menyebutkan kunjungan ke posyandu mengalami penurunan tajam di masa pandemi covid-19. Dia pun mendorong pemerintah daerah untuk berinovasi agar masyarakat tetap datang ke Posyandu dan memperhatikan kesehatan anaknya dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kondisi tersebut tak boleh dibiarkan karena itu diperlukan upaya inovatif dari pemda untuk pastikan layanan masyarakat tersedia dengan memperhatikan protokol kesehatan," ucapnya.



6,5 Juta Balita Indonesia Kekurangan Gizi

Tak hanya itu, Ma'ruf memaparkan pada 2019 ada 27,7 persen atau 6,5 juta balita di Indonesia yang mengalami stunting karena kekurangan gizi dalam jangka waktu lama. Data itu bersumber dari hasil survei yang dilakukan Kemenkes.

"Pada 2019 status gizi balita Indonesia yang dilakukan Kemenkes menyebut 27,7 persen anak balita Indonesia mengalami stunting. Ini artinya ada sekitar 6,5 juta balita yang mengalami kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama dan menjadikannya stunting," katanya.

Oleh sebab itu Ma'ruf mengatakan pemerintah menargetkan penurunan angka stunting hingga 14 persen pada 2024 mendatang. Menurutnya target ini harus dicapai bersama melalui konvergensi antarprogram dan pelaku baik di tataran pusat maupun daerah bahkan hingga desa.

Disadur dari iNews.id

Wapres Ma'ruf Amin pandemi Covid-19 Program Pencegahan Stunting


Loading...