Mesin PCR di RSUD Mimika Untuk Pemeriksaan Tes Swab Covid-19 Rusak Sejak Pekan Lalu, Sampel Tes Swab Dikirim ke Jayapura

Mesin PCR di RSUD Mimika Untuk Pemeriksaan Tes Swab Covid-19 Rusak Sejak Pekan Lalu, Sampel Tes Swab Dikirim ke Jayapura
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 21 Oktober 2020 09:29 WIB

Terasjabar.id - Mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Mimika untuk pemeriksaan sampel tes swab Covid-19 rusak sejak pekan lalu. Sebagian sampel terpaksa dikirim ke Kota Jayapura.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan, ada sebagian sampel yang dibawa ke Klinik Kuala Kencana untuk diperiksa dengan mesin PCR milik PT Freeport.

FOLLOW JUGA :

"Sebagian lagi dikirim ke Jayapura untuk diperiksa dengan mesin PCR pada Labkes Provinsi Papua dan Puslitbangkes Kemenkes," kata Reynold di Kota Mimika, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (21/10/2020).

Saat ini, kata dia, tim teknis sedang memperbaiki mesin PCR RSUD Mimika yang mengalami kerusakan itu. Hanya saja untuk pengoperasiannya nanti, masih menunggu peralatan yang dipesan dari luar negeri.

Meski ada hambatan dalam kecepatan pemeriksaan sampel dari warga yang diduga terpapar Covid-19, pengiriman sampel tetap dikirim setiap harinya.

"Kalau dari kasus-kasus yang datang ke rumah sakit dengan kondisi sudah bergejala, rumah sakit biasanya langsung melakukan tes swab untuk dirujuk ke Jayapura," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Covid-19 Mesin PCR RSUD Mimika Tes Swab


Loading...