Santan Merupakan Salah Satu Bahan Esensial Untuk Sejumlah Masakan Tanah Air, Begini Cara Masak Santan agar Tidak Mudah Pecah

Santan Merupakan Salah Satu Bahan Esensial Untuk Sejumlah Masakan Tanah Air, Begini Cara Masak Santan agar Tidak Mudah Pecah
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Selasa, 20 Oktober 2020 09:14 WIB

Terasjabar.id - Santan merupakan salah satu bahan esensial untuk sejumlah masakan Tanah Air. Mulai dari rendang, soto Betawi, sayur lodeh, opor ayam, dan masih banyak lagi.

Tetapi, menggunakan santan untuk memasak itu memerlukan trik-trik agar tidak gagal.

Pasalnya, jika cara memasaknya kurang tepat, santan bisa menjadi pecah. Akibatnya, masakan menjadi kurang enak dan mudah basi.

Chef, penulis, dan model yang terkenal dari acara MasterChef Indonesia, Devina Hermawan memberikan sejumlah tips mengolah santan agar tidak pecah saat dimasak. Apa saja? Berikut ulasannya dirangkum, Selasa (20/10/2020).


Jangan masak di suhu tinggi

“Kalau enggak mau pecah, pertama masak santannya jangan di suhu tinggi,” tutur Chef Devina dalam acara virtual ‘Wariskan Resep Juara: Kuliner Nusantara’ beberapa waktu lalu. Selain pantang memasak santan di suhu tinggi, sebaiknya juga jangan dimasak terlalu lama.

Jangan dibarengi dengan bahan masakan yang asam

Chef Devina mengungkapkan bahwa santan sensitif terhadap asam. Menggunakan santan dengan bahan masakan yang mempunyai sifat asam saat memasak, bisa membuatnya pecah sehingga tidak akan menyatu.

Sebaiknya, asam itu diletakkan terakhir ketika masakan yang bersantan itu sudah matang. “Misalnya, mau makan lontong sayur, kan ada jeruk nipisnya, itu bisa ditaruh setelah masakan matang dan mau dimakan,” ujarnya.


Jangan lupa diaduk

Terakhir yang tidak kalah penting, adalah mengaduk santan terus menerus ketika dimasak. Mengaduk santan di atas api sedang yang tidak terlalu besar, dapat mencegah santan menjadi pecah saat dimasak.

Selamat mencoba!

Disadur dari iNews.id

Santan bahan esensial Tidak Pecah


Loading...