UPDATE Hanafi Rais Ditabrak di Cipali, Identitas Penabrak Diketahui Polisi, Ternyata Ditabrak Truk

UPDATE Hanafi Rais Ditabrak di Cipali, Identitas Penabrak Diketahui Polisi, Ternyata Ditabrak Truk
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 19 Oktober 2020 13:00 WIB

Terasjabar.id - Kabid Humas Polda Jabar Erdi A Chaniago mengatakan penyelidik Satlantas Polres Subang sudah mengetahui identitas pengemudi truk yang menabrak kendaraan Ahmad Hanafi Rais dalam kecelakaan di Tol Cipali pada Minggu (18/10/2020) dini hari.

Putra mantan Ketua MPR Amien Rais itu kecelakaan di Tol Cipali pascaditabrak dari belakang.

Kemudian, kendaraan yang ditumpangi Ahmad Hanafi Rais, Toyota Alphard, menabrak kendaraan lain di jalur lambat.

Dua kendaraan yang terlibat tabrakan itu diduga melarikan diri.

"Dalam rangkaian kecelakaan ini ada truk yang menabrak dari belakang dan sampai saat ini masih dalam pencarian. Identitas sudah diketahui berdasarkan penyelidikan Satlantas Polres Subang. Dalam waktu dekat mudah-mudahan terungkapā€ˇ," ucap Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Senin (19/10/2020).

Pascakejadian, Ahmad Hanafi Rais sempat dievakuasi ke RS MH Thamrin.

Namun, dia dirujuk ke rumah sakit di Jakarta untuk penanganan lebih lanjut.

"Yang bersangkutan ada luka di kepala. Kami masih pantau kondisinya. Saat hari kejadian yang bersangkutan sedang dalam perjalanan menuju arah Jakarta," katanya.

Selain itu, pascakejadian, polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kejadian.

Dalam olah TKP, polisi juga melakukan rekayasa kejadian untuk mengetahui kronologi kejadian.

"Satlantas Polres Subang juga sudah melakukan rekayasa kronologi kejadian sebagai bagian dari penyelidikan. Rekayasa kejadian itu dilakukan dengan mundur ke sebelum kejadian dari mulai masuk. Kemudian kami juga cek CCTV untuk melihat dan mencari kendaraan yang menabrak," ucapnya.

Olah TKP itu nantinya akan dicocokkan dengan keterangan saksi yang melihat kejadian.

Apalagi, dalam peristiwa itu, selain Hanafi Rais, ada dua korban lain yang mengalami luka ringan.

"Jadi waktu kejadian itu, Satlantas Polres Subang menerima informasi sekira satu jam setelah kejadian," ucap dia.

tribunnews
Hanafi Rais di Bawaslu (KOMPAS.com/Haryantipuspasari)

Periksa Dua CCTV

Identitas penabrak dalam insiden kecelakaan beruntun di Tol Cipali KM 112.900 yang melibatkan Hanafi Rais, putra sulung politikus senior Amien Rais, masih dalam penyelidikan Polres Subang.

Kasatlantas Polres Subang, AKP Endang mengaku pihaknya tengah melakukan penyelidikan untuk mendapatkan titik terang identitas kendaraan-kendaraan yang terlibat pada Minggu (18/10/2020) pukul 03.00 WIB.

"Sementara masih tahap penyelidikan," katanya singkat, Senin (19/10/2020).

Selanjutnya, GM Tol Cipali, Suyitno mengungkapkan bahwa informasi berupa rekaman CCTV yang berada di Tol Cipali telah diserahkan ke pihak kepolisian Polres Subang.

Suyitno pun menyebut kamera CCTV tak ada di sekitar KM 112.900 tetapi ada di KM 109 dan 117.

"Yang ada (CCTV) di KM 117 dan 109 dan sudah kami serahkan ke Polres Subang. Sedangkan di lokasi KM 112 tidak ada (CCTV)," ujarnya seraya mengaku pihak tol pun belum melihat rekaman CCTV saat kejadian.

Dirujuk

Putra sulung politikus senior, Amien Rais, yakni Hanafi Rais mengalami kecelakaan beruntun di Tol Cipali tepatnya di KM 112+900 wilayah Subang, pukul 03.00 WIB, Minggu (18/10/2020).

Panit PJR Tol Cipali, Iptu Karyana menjelaskan Hanafi naik mobil Toyota Alphard bernomor polisi B 1612 WMV yang dikendari oleh sopir bernama Ferdian.

Hanafi Rais mengalami luka berat, sedangkan sopirnya hanya alami luka ringan.

Kecelakaan ini berawal saat kendaraan Hanafi datang dari arah Palimanan menuju Cikopo, tetapi di lokasi kejadian mobilnya ditabrak dari belakang oleh kendaraan yang lain yang belum diketahui identitasnya.

Selanjutnya, kendaraan Hanafi Rais ini terdorong dan menabrak kendaraan yang ada di depannya yang lebih besar hingga kondisi mobil Alphard ringsek bagian depan.

Usai kejadian kecelakaan beruntun di Tol Cipali, Hanafi Rais bersama sopirnya dibawa ke RS MH Thamrin, Purwakarta.

Tetapi, lantaran kondisi Hanafi Rais yang alami luka berat dan perlu penanganan yang lebih serius akhirnya Hanafi dirujuk ke RS Siloam, sedangkan sopirnya masih mendapat perawatan di RS MH Thamrin.

Ayahanda dan adik Hanafi Rais, Amien Rais dan Hanum Rais tampak terlihat di RS Siloam untuk melihat kondisi Hanafi yang sempat alami luka berat dan turunnya hemoglobin

Tokoh senior partai amanat nasional (PAN), Putra Jaya Husein datang ke RS Siloam Purwakarta untuk melihat kondisi Hanafi Rais.Putra Jaya saat dikonfirmasi Tribun Jabar di halaman parkir RS Siloam menegaskan kondisi Hanifa Rais kondisinya baik dan akan dirujuk ke RS terdekat dari rumahnya.

"Baik, kondisinya baik. Kalau tidak baik kan enggak boleh pulang oleh rumah sakit. Ya dibawa ini karena ingin lebih dekat saja dengan rumah, karena kan kalau di Purwakarta jauh," ujarnya.

Pukul 17.16 WIB, Hanafi Rais keluar RS Siloam.(Tribunjabar.id)


Hanafi Rais Cipali Polisi Truk


Loading...