Ada Kluster Keluarga Covid-19 di Cisolok Sukabumi, Camat Langsung Ini

Ada Kluster Keluarga Covid-19 di Cisolok Sukabumi, Camat Langsung Ini
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 19 Oktober 2020 12:14 WIB

Terasjabar.id - Muncul klaster keluarga positif Covid-19 di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut Camat Cisolok, Kurnia Lismana, klaster keluarga ini muncul karena ada satu orang di keluarga tersebut bekerja di zona merah Covid-19, alias di luar Kabupaten Sukabumi

"Iya, tu kluster keluarga karena kontak dari luar wilayah Kabupaten Sukabumi yang zona merah, karena salah satu anggota keluarganya bekerja/tugas di tempat tersebut," ujarnya, Senin (19/10/2020).

Ia menyebutkan, ada lima orang di keluarga tersebut yang positif Covid-19. Saat ini, mereka sudah menjalani isolasi.

"1 keluarga 5 orang, yang positif dan bergejala lanjutan di rawat dan isolasi di RS. Yang positif dan tidak bergejala (OTG) isolasi mandiri di rumah," jelasnya.

Kurnia mengatakan, dengan adanya klaster keluarga tersebut, gugus tugas Kecamatan telah melakukan tracking dan tracing kontak untuk mengetahui dengan siapa keluarga tersebut melakukan kontak selama 14 hari kebelakang.

"Sementara yang 1 orang baru-baru ini karena kontak dengan rekan kerja yang kemudian terkonfirmasi positif Covid19. Langkah-langkah Satgas Kecamatan tentu sama setiap ada kasus, dimulai dari tracking dan tracing kontak ke lapangan untuk mengadakan PE, membuat kronologis, mengisolasi kontak erat tanpa gejala (OTG) dan melakukan dekontaminasi di lingkungan tempat tinggalnya," terangnya.

"Apabila ada kontak erat yang kemudian bergejala, segera merujuk ke RS Palabuhanratu untuk dilakukan perawatan dan isolasi khusus Covid-19," pungkasnya.

Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Tribunjabar.id, grup Tribunnews.com, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M ( *wajib memakai masker, wajib rajin mencuci tangan, dan wajib selalu menjaga jarak* ).

Bersama-kita lawan virus corona.(Tribunjabar.id)




Viral Keluarga Cisolok Sukabumi Camat


Loading...