Ridwan Kamil Meyakini Pariwisata di Jabar Lebih Cepat Pulih Dibanding Bali

Ridwan Kamil Meyakini Pariwisata di Jabar Lebih Cepat Pulih Dibanding Bali
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 19 Oktober 2020 11:05 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meyakini pariwisata di Jabar lebih cepat pulih dibanding Bali. Sektor pariwisata Jabar juga bakal segera bergeliat meski pandemi belum berakhir.

Hingga saat ini Pemprov Jabar merevitalisasi sejumlah destinasi wisata. Tujuannya untuk menyambut kunjungan wisatawan, khususnya pascapandemi Covid-19.

"Recovery pendapatan pariwisata Jabar lebih cepat dari Bali karena tidak menggunakan penerbangan. Maka dari itu, kita harus terus promosikan wisatanya," ujar Ridwan Kamil, Minggu (18/10/2020).

Pria disapa Kang Emil ini sudah meninjau revitalisasi Waduk Darma di Kabupaten Kuningan, Sabtu (17/10/2020). Kang Emil mengingatkan, agar Jabar menjadi destinasi favorit wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

"Sampah yang masih bertebaran ditambah fasilitas pendukung yang buruk menjadi kartu mati yang membuat wisatawan tidak betah dan dijamin tidak akan kembali lagi," katanya.

Kang Emil pun mengapresiasi revitalisasi yang dilakukan di Waduk Darma. Dia menyebut Waduk Darma bakal menjadi salah satu destinasi wisata air internasional di Jabar.

"Sekilas pas saya datang, ke depannya, Waduk Darma ini akan menjadi pariwisata yang luar biasa dan naik kelas," ujarnya.

Pemprov Jabar menyusun rencana mitigasi sektor pariwisata pascapandemi Covid-19. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik menuturkan, mitigasi sektor pariwisata terbagi ke dalam tiga tahapan.

Tahap I atau masa tanggap darurat hingga 29 Mei, tahap II atau pemulihan pascapandemi pada Juni sampai Desember 2020. Kemudian tahap normalisasi pada Januari hingga Desember 2021 lewat kolaborasi pentahelix.

"Selain ada tanggap darurat, emergency kesehatan. Kami juga punya target Juni sampai Desember ini pemulihan pariwisata. Kemudian, di Januari (2021) akan coba melakukan normalisasi," katanya.

Disadur dari iNews.id

Gubernur Jabar Pandemi Covid-19 Sektor Pariwisata Bali Jabar


Loading...