Berikut Resep Sambat Tomat, Pas Dipadukan Dengan Lauk Apapun, Bumbunya Sangat Simpel

Berikut Resep Sambat Tomat, Pas Dipadukan Dengan Lauk Apapun, Bumbunya Sangat Simpel
(detikFood : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 19 Oktober 2020 10:34 WIB

Terasjabar.id - Resep sambal tomat sangat cocok dipadukan dengan ayam goreng renyah dan lezat. Selain praktis dibuat, sambal tomat juga pas dipadukan dengan lauk apa pun.

Hidangan menu sambal ini terbuat dari bahan-bahan sederhana. Anda hanya membutuhkan cabai, tomat, gula Jawa, dan garam. Meski memiliki nama sambal bawang, menu pendamping ini diolah tidak memakai bawang.

FOLLOW JUGA :

"Assalammu'alaikum temen-temen IG, hari ini nyambel lagi. Sambel tomat dimakan bareng ayam goreng dan kol goreng yang konon katanya gak sehat, gpp ya sekali-kali. Bismillah sehat. Gak tiap bulan juga masak kol goreng, ini ngabisin sisa kol di kulkas aja. Btw sambel tomat ini rasanya enak banget, pedes manis seger. Cocok untuk yang gak suka terasi, kalo mau pake terasi gimana? ya tinggal di kasih terasi aja. Tadi sengaja sy hitung jumlah cabainya, biar temen-temen bisa praktekin di rumah, terus kalau sudah plek-plek ikutin resep masih gak enak juga? Salahnya di mana? nah lho. Sy juga gak tau jawabannya. Banyak yang bilang enaknya sambel tergantung tangan yang ngulek, katanya lho ini ya. Apa iya? Sy juga gak tau," tulis di Instagram @aras_galeri, Senin (19/10/2020).

Sambal tomat memiliki rasa lezat dan menggugah selera. Jika tertarik mencicipi sambal tomat, Anda bisa berkreasi di rumah. Anda bisa mengolah dengan sesuai selera. Bisa ditambah dengan terasi atau tidak.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat sambal tomat enak dan gurih? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @aras_galeri, Senin (19/10/2020).

Bahan:

10 cabai rawit merah
5 cabai merah keriting
5 cabai ijo keriting
2 tomat merah 150gr
1 sdt gula Jawa
1 jeruk limo
Garam

Cara Membuat:

1. Goreng cabai merah & tomat dalam minyak panas, tomatnya dibelah dulu, setelah cabai & tomat layu, masukkan cabai ijo keriting, goreng sebentar saja lalu tiriskan.
2. Ulek kasar semua cabai & tomat, tambahkan gula Jawa dan garam, tetesi air jeruk limo, mau pakai penyedap, silahkan sesuai selera.
3. Catatan: untuk sambal terasi, sambel tomat, sambel bawang, sambel dadak, sambel korek dan semua jenis sambal-sambal yang lain, lebih enak diulek manual, dibanding pakai blender/chopper.

Disadur dari iNews.id

Sambal Tomat Ayam Goreng Resep Cara Membuat


Loading...