Gubernur Jabar : Kunjungan Wisatawan Turun Drastis Selama Covid-19 Hanya 30%

Gubernur Jabar : Kunjungan Wisatawan Turun Drastis Selama Covid-19 Hanya 30%
Kunjungan wisatawan domestik di Jawa Barat sejak merebaknya Covid-19, mengalami turun drastis
Editor: Epenz Teras Kuningan —Minggu, 18 Oktober 2020 13:33 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Kunjungan wisatawan domestik di Jawa Barat sejak merebaknya Covid-19, mengalami turun drastis jika dibanding sebelumnya. Dari angka kunjungan 65 % , ketika weekend, kini persentase kunjungan hanya sekitar 30 % saja.

Hal itu dungkapkan Gubernur Jawa Barat H. Ridwan Kamil didampingi Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH saat meninjau lokasi wisata Waduk Darma, dalam rangka memantau dari dekat sampai sejauh mana pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahap pertama, Sabtu (17/10/2020).

Kang Emil sapaan akrabnya memberikan dukungan, agar ekonomi di desa pariwisata meningkat. Sejauh ini, sudah ada bantuan untuk beberapa desa wisata terbaik di Indonesia yaitu desa Cibuntu, desa Cipasung, destinasi di Gunung Ciremai, dan Situ biru. Hal Ini merupakan dukungan konkrit dari Pemerintah Provinsi Jabar, agar ekonomi kota dan kabupaten, khususnya Kab Kuningan yang mayoritas pertanian dapat diimbangi oleh ekonomi kunjungan wisataā€¯

Ihwal Sedekah bumi di Desa Cibuntu, Gubernur RK sangat mengapresiasi. Jika saja 5000 desa di Jawa Barat melakukan seperti desa cibuntu, diperkirakan sangat luar biasa terutama pelestarian budaya dan kearifan lokal tetap akan terkendali, harapnya.

Lebih jauh dikatakan bahwa, kontribusi pariwisata selama covid-19 mengalami penurunan drastis. Jika weekend biasanya 65%, saat ini persentase kunjungan hanya 30%. Namun Recovery ekonomi di jawa barat cukup cepat dibandingkan Bali karena tidak mengandalkan penerbangan. Saat pandemi seperti ini, pariwisata yang paling jaga jarak saat ini adalah naik sepeda atau motor", pungkas Kang Emil. (H WAWAN JR)

Pandemi Covid-19 Kunjungan wisatawan domestik Bupati Kuningan Lokasi Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan


Loading...