Advertisement

Jika Liga 1 2020 Tak Digelar November, Coach Robert: Banyak Perubahan Program

Jika Liga 1 2020 Tak Digelar November, Coach Robert: Banyak Perubahan Program
Editor: Malda Sport Style —Sabtu, 17 Oktober 2020 14:04 WIB

Terasjabar.id - Pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengaku sempat mendengar adanya kabar Liga 1 2020 berpotensi digelar format berbeda Januari 2021.

Robert Alberts juga telah menyiapkan rencana alternatif jika Liga 1 2020 batal digelar pada November nanti.

“Ya banyak perubahan program. Saya bahkan sudah lupa berapa banyak perubahan yang kami lakukan musim ini,” kata Robert dikutip dari laman klub, Sabtu (17/10/2020).

“Kami juga akan membuat program baru November nanti kalau kompetisi digelar Januari,” sambungnya.

Kendati demikian, ia tidak memiliki rencana untuk meliburkan tim dalam waktu dekat ini.

Bagi Robert, sangat penting untuk para pemain menjaga kondisi fisik yang sudah terbentuk.

“Tentu saja, di bulan November akan ada beberapa hari untuk istirahat, tapi itu bukan libur panjang, sebelum kita memulai latihan dengan intensitas tinggi nanti,” imbuh Robert.

Ganggu psikis pemain

tribunnews
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Albert (tengah) memberikan arahan kepada pemain saat memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa (11/8/2020). (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Penyerang Persib Bandung, Zulham Zamrun, berharap kompetisi Liga 1 2020 tetap dapat dilaksanakan pada awal November mendatang.

Zulham mengatakan, penundaan kompetisi Liga 1 2020 yang seharusnya bergulir pada awal Oktober lalu, sedikit mengganggu psikis para pemain.

"Kendati demikian, saya terus mempersiapkan diri, terutama dalam hal menjaga kebugaran tubuh," ujarnya dikutip dari laman resmi Persib, beberapa hari lalu.

Zulham mengaku memang merasa kecewa dengan penundaan jadwal kompetisi yang seharusnya sudah dihelat.

Karena Tim Maung Bandung sudah melakukan banyak persiapan sejak awal Agustus 2020.

"Pastinya merasa kecewa ya, apalagi teman-teman sudah melakukan persiapan matang mulai dari fisik hingga mental. Ditambah lagi, kami mulai persiapan sudah tiga bulan," ujarnya.

Zulham menambahkan, meski Liga 1 2020 memgalami penundaan, rekan-rekannya di Persib tetap optimistis menatap lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

"Saya dan teman-teman semua masih tetap semangat seperti sebelumnya. Semua tetap bekerja keras untuk mencapa hasil terbaik nantinya," kata Zulham.

Respons kapten Persib Bandung

tribunnews
Duel pemain Persib Bandung vs Persipura Jayapura, Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2019) (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

PSSI berusaha keras agar Liga 1 2020 bisa berjalan pada 1 November mendatang meskipun hingga kini izin dari kepolisian belum dikantongi.

Beberapa opsi dimunculkan sebagai langkah antisipasi apabila pihak kepolisian belum juga mengeluarkan izinnya untuk Liga 1 di bulan November.

Opsi yang dimunculkan di antaranya adalah memundurkan kompetisi menjadi 1 Desember sehingga Liga 1 bisa tetap berjalan sebelum dimulainya Piala Dunia U-20, Mei-Juni 2021.

Lalu ada juga opsi mengubah bentuk kompetisi dengan format dua wilayah apabila sampai 1 Desember, pihak kepolisian belum juga mengeluarkan izinnya.

Kompetisi dua wilayah ini kemungkinan besar diterapkan andai Liga 1 2020 digulirkan pada 1 Januari 2021.

Namun ada juga yang menyebut bahwa kompetisi tahun ini ditiadakan dan digantikan oleh turnamen.

Berbicara mengenai hal ini, pemain sekaligus kapten Persib Bandung, Supardi Nasir, belum bisa berbicara banyak.

"Ya, itu mungkin saya belum bisa berkomentar karena saya belum tahu format seperti apa, apakah seperti Piala Presiden," ujar Supardi Nasir, Rabu (14/10/2020).

Meski sebenarnya turnamen bisa dikatakan lebih singkat, Supardi menyebut format kompetisi liga merupakan yang paling ideal.

"Idealnya seperti kompetisi normal kalau turnamen saya belum bisa komentar karena bicara turnamen kalau ada tim yang tidak lolos tidak main. Sama aja," katanya. (Persib.co.id/TribunJabar)



Persib Robert Rene Albert Program Liga 1


Related Post



Loading...