Advertisement

WHO: Dexamethasone Masih Satu-satunya Obat Efektif untuk Pasien COVID-19

WHO: Dexamethasone Masih Satu-satunya Obat Efektif untuk Pasien COVID-19
CNN Indonesia
Editor: Malda Berita Viral —Sabtu, 17 Oktober 2020 11:28 WIB

Terasjabar.id - 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sampai saat ini, dexamethasone masih satu-satunya obat yang terbukti efektif melawan COVID-19 untuk pasien gejala parah.

Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus mengatakan hasil sementara dari Uji Coba Terapi Solidaritas WHO menemukan bahwa obat remdesivir dan interferon, memiliki sedikit atau tidak ada efek dalam mencegah kematian terkait virus corona atau mengurangi waktu di rumah sakit.

"Untuk saat ini, dexamethasone kortikosteroid masih satu-satunya terapi yang terbukti efektif melawan COVID-19, untuk pasien dengan penyakit parah," kata Tedros dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (17/10/2020).

Tedros mengatakan, Solidarity Trial adalah uji coba terkontrol acak terbesar di dunia untuk terapi COVID-19, yang melibatkan hampir 13.000 pasien di 500 rumah sakit di 30 negara.

Sebelumnya WHO menghentikan percobaan obat hidroksiklorokuin pada bulan Juni dan kombinasi lopinavir dan ritonavir pada bulan Juli, dengan alasan bahwa kedua terapi tersebut hanya membawa sedikit penurunan pada kematian pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit.


(kna/kna/CNN)


WHO Covid 19 Kesehatan


Related Post



Loading...