Jika Gantikan Rossi, Seberapa Oke Jorge Lorenzo di Aragon?

Jika Gantikan Rossi, Seberapa Oke Jorge Lorenzo di Aragon?
Detik News
Editor: Malda Sport Style —Jumat, 16 Oktober 2020 13:48 WIB

Terasjabar.id - 

Jorge Lorenzo berpeluang menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Aragon 2020. Statistik Lorenzo di sirkuit itu rupanya juga oke punya!

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP sudah memastikan The Doctor tak ambil bagian dari balapan di Aragon akhir pekan ini. Itu terjadi setelah Valentino Rossi dinyatakan positif COVID-19.

Dengan absennya Rossi, nama Jorge Lorenzo digadang-gadang sebagai pengganti. Apalagi Yamaha kini masih memuncaki klasemen pabrikan, dengan Monster Energy Yamaha MotoGP berada di posisi keempat klasemen tim di MotoGP 2020.


Sejak awal musim, Lorenzo adalah test rider tim Yamaha sehingga tak asing-asing amat dengan motornya -- sekalipun rider asal Spanyol itu lebih mengakrabi YZR-M1 edisi 2019, bukan edisi 2020.

Sebelum ini asa Jorge Lorenzo untuk turun sebagai rider wild card di MotoGP Catalunya juga pupus akibat pandemi virus Corona. Ia diyakini akan menyambut positif jika bisa tampil membalap lagi di lintasan jika diminta menggantikan Rossi di Aragon.

Merujuk pada statistik resmi MotoGP, Jorge Lorenzo juga bisa jadi sosok pengganti Rossi paling tepat di Aragon. Juara dunia tiga kali MotoGP itu punya pencapaian oke di sirkuit tersebut.

Sirkuit Aragon sejuah ini sudah didominasi pabrikan Honda dengan tujuh kemenangan MotoGP masing-masing lewat Casey Stoner di 2011, Dani Pedrosa di 2012, dan Marc Marquez pada 2013, 2016, 2017, 2018, 2019.

Di antara dominasi Honda tersebut, Yamaha mampu merebut dua kemenangan di Aragon yang mulai menggelar race grand prix sejak 2010. Dua kemenangan Yamaha tersebut sama-sama diraih oleh Jorge Lorenzo pada 2014 dan 2015.

Jumlah dua kemenangan di Aragon itu juga membuat Jorge Lorenzo cuma kalah dari Marc Marquez dalam hal jumlah kemenangan terbanyak di sirkuit tersebut.

Tak cuma itu, di luar dua kemenangan tersebut Jorge Lorenzo juga tercatat bisa lima kali naik podium pada kesempatan lain di Aragon; empat kali dengan Yamaha dan sekali bersama Ducati.


(krs/cas/Detik)

Valentino Rossi Virus Corona Aragon MotoGP Jorge Lorenzo


Loading...