Bupati Acep : Kuningan Menuju Smart City

Bupati Acep : Kuningan Menuju Smart City
Bupati Kuningan H Acep Purnama saat menyampaikan arahan terkait program Smart City di kantor Dinas Kominfo Jl Aruji K Kuningan.
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 15 Oktober 2020 08:27 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Program Smart City Kuningan mendapat perhatian dari Kabupaten/Kota di Jawa Barat bahkan menjadi ajang studi banding untuk belajar lebih banyak tentang konsep-konsep Smart City Kuningan. Hal itu disampaikan Plt Kadis Kominfo Kuningan Drs H Dadi Hariadi, M.Si kepada Bupati H Acep Purnama didampingi Sekdis Kominfo Yani Sekaryani, SH beserta jajarannya di Aula Kantor Diskominfo Jl Aruji Kartawinata Kuningan, Selasa (13/10/2020).

Drs H Dadi Hariadi, M.Si memaparkan, Smart City adalah sebuah kota yang instrumennya saling berhubungan dan berfungsi cerdas. Smart City adalah sebuah konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya secara efisien dan memberi informasi yang tepat kepada masyarakat/ lembaga dalam mengantisipasi hal-hal yang tak terduga sebelumnya, terangnya.

Sistem menuju smart city atau Kota pintar dapat mendukung kemajuan dan perkembangan daerah setempat dalam berbagai aspek. Melalui Program Smart City, Kuningan ingin memberikan pelayanan cepat dan mudah di bidang perizinan. Garis besarnya, smart city ini ingin menerapkan atau mengeluarkan dari sisi pelayanan apa lagi saat ini pelayanan sangat dbutuhkan oleh semua organisasi atau instansi bahkan masyarakat, paparnya.

Smart city pada gilirannya akan sangat menunjang dalam mewujudkan visi daerah setempat untuk menjadi daerah yang lebih maju lagi. Dengan adanya smart city sangat memberikan kemudahan bagi masyarakat, terutama dalam berbagai urusan dan efisiensi kinerja berbagai SKPD. Disamping itu untuk menunjang kemajuan dan perkembangan daerah baik bidang pelayanan, penataan administrasi, maupun koneksi antar SKPD dalam suatu kegiatan. Sementara, Kabupaten/Kota yang telah melakukan studi banding ke Kuningan antara lain, kabupaten/ kota Bekasi, Cirebon, Tasikmalaya dan Sukabumi.

Bupati H Acep meminta keseriusan seluruh pihak terkait dalam mewujudkan Kuningan menuju smart city, sehingga bisa bersaing dengan daerah lain yang sudah lebih awal menerapkan smart city, ujarnya.

Dalam menghadapi perkembangan zaman dan era digital 4.0, kita harus beradaptasi dengan berbagai inovasi dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat, jika daerah kita tidak mau tertinggal, ungkapnya.

“Evaluasi Kuningan smart city sebetulnya untuk pengolaan sistem pemerintahan berbasis elektronik ini sudah berjalan, hanya yang perlu ditata kembali adalah penyesuaian dengan sistem, metode, pola dan sebagainya, untuk lebih disempurnakan secara seksama.” imbuhnya. (Hendra Aboy)

Program Smart City Kuningan Kabupaten/Kota Jawa Barat Bupati Acep


Loading...