Empon - Empon Merupakan Salah Satu Minuman Herbal Dipercaya Dapat Meningkatkan Ketahanan Tubuh, Resepnya Hanya Kunyit dan Jahe

Empon - Empon Merupakan Salah Satu Minuman Herbal Dipercaya Dapat Meningkatkan Ketahanan Tubuh, Resepnya Hanya Kunyit dan Jahe
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 14 Oktober 2020 13:33 WIB

Terasjabar.id - Empon-empon merupakan salah satu minuman herbal yang dipercaya dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Meminum empon-empon di tengah masa Pandemi Covid-19 bisa menjadi pilihan tepat.

Selain sehat, empon-empon juga dapat menghangatkan tubuh. Minuman ini juga pernah populer pada awal pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Berbagai rempah-rempah khas Indonesia semakin populer untuk dijadikan minuman sehat.

FOLLOW JUGA :

"Siapa yang semenjak corona jadi rajin minum empon-empon? Aku minum empon-empon kalau mamaku buatin aja, dasarnya aku gak telaten minum-minum jamu. Terus hari ini coba buat sendiri, mama langsung nyeletuk 'nah itu pinter buat sendiri'. Padahal maaah karna kebetulan @thegaring.ig temanya aneka olahan jahe. Jadi aku coba buat sendiri deh Segerrrr," tulis Instagram @indirapupu.

Kali ini, jika Anda ingin menghangatkan tubuh, empon-empon bisa menjadi pilihannya. Apalagi saat ini memasuki musim penghujan, cuaca menjadi dingin, dan daya tahan tubuh bisa menurun.

Anda bisa membuat minuman empon-empon dengan bahan rempah yang sederhana, yaitu kunyit dan jahe. Dua rempah ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Misalnya, jahe, herbal ini dapat menghangatkan tubuh dengan rasanya yang pedas. Jahe dapat mengatasi masalah pencernaan, mengatasi mual, nyeri pada tubuh, hingga penyakit kulit.

Selain itu, kunyit juga memiliki manfaat kesehatan lain, yaitu mengatasi peradangan, maag, hingga perut kembung. Masih banyak lagi manfaat dari dua herbal tersebut.

Lantas, apa saja resep sehat minuman empon-empon yang terbuat dari jahe dan kunyit? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @indirapupu, Rabu (14/10/2020).

Bahan:

75 gr jahe
75 gr kunyit
500 ml air
Gula aren sesuai selera
1 batang sereh

Cara Membuat:

1. Cuci bersih jahe dan kunyit, kemudian iris-iris
2. Rebus air 500 ml hingga mendidih kemudian kecilkan api, masukkan irisan kunyit dan jahe rebus dengan api kecil hingga mendidih. Kemudian matikan api.
3. Saring air, kemudian beri gula aren, boleh tambahkan irisan jahe dan kunyit pada gelas agar makin nikmat. Siap diminum.

Disadur dari iNews.id

Empon-empon Minuman Sehat Pandemi Covid-19 Minuman Herbal


Loading...