Harta Kekayaan Salah Satu Calon Wali Bupati Blora Hanya Rp41 Juta, 'Memang benar'

Harta Kekayaan  Salah Satu Calon Wali Bupati Blora Hanya Rp41 Juta, 'Memang benar'
(iNews/Hery Avrillo : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 14 Oktober 2020 11:15 WIB

Terasjabar.id - Geger harta kekayaan salah satu calon Wakil Bupati Blora Try Yuli Setyowati yang diumumkan secara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora hanya Rp41 juta. Besaran angka tersebut rupanya belum diperbaharui.

Try Yuli Setyowati membenarkan hartanya memang senilai Rp41 juta. Namun, angka itu dilaporkan saat dirinya menjabat sebagai DPRD Blora.

"Memang benar, itu adalah harta kekayaan saya yang saya laporkan di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) waktu saya masih menjadi anggota DPRD tahun 2019 lalu," ucap Try Yuli Setyowati, Selasa (13/10/2020).

Setelah keluar dari anggota DPRD, lanjutnya, mendaftarkan diri menjadi calon wakil Bupati berpasangan dengan Arief Rohman (ARTYS), masih muncul di LHKPN seperti itu.

FOLLOW JUGA :

"Saya kaget juga kok tertulisnya hanya Rp41 juta rupiah, setelah saya kroscek di bendahara PDIP, untuk memperbaharuinya tidak bisa, karena di websitenya KPK sudah terkunci," ucapnya.

Menurutnya, dia sudah berusaha memperbarui dengan konsultasi ke KPU Blora. Namun sistemnya tidak bisa, jika ingin memperbaharui di April 2021.

"Jadi Rp41 juta itu setelah harta saya, dikurangi hutang saya Rp1,4 miliar waktu saya masih menjadi anggota DPRD Blora," ucapnya.

Ketika ditanya berapa harta kekayaanya sekarang, dia menjawab hartanya sebagai penyelenggara negara Rp1,7 miliar lebih belum termasuk harta suaminya. Berhubung suaminya pekerja swasta swasta, jadi yang dilaporkan sekarang hanya hartanya sebagai penyelenggara negara.

Sebelunya KPU Kabupaten Blora telah mengumumkan harta kekayaan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Blora untuk Pilkada 2020. Pasangan Calon nomor urut 3, Umi Kulsum-Agus Sugiyanto menjadi pasangan dengan jumlah kekayaan terbanyak.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Umi Kulsum memiliki harta sebesar Rp13.502.124.281 sedangkan Wakilnya Agus Sugiyanto memiliki harta sebesar Rp15.472.598.818.

Sementara, Pasangan nomor urut 1, Dwi Astutingsih memiliki harta kekayaan sebesar Rp3.061.197.635 sedangkan wakilnya Riza Yudha Prasetya memiliki harta kekayaan sebesar Rp4.134.118.038.

Serta pasangan Nomor urut 2, Arif Rohman-Tri Yuli Setyowati menjadi pasangan dengan harta kekayaan paling sedikit. Arif Rohman memiliki harta Rp2.844.818.000 sedangkan wakilnya hanya berharta Rp41.482.700.

Dikonfirmasi, ketua KPU Blora M Khamdun mengaku tidak memiliki kewenangan untuk mengomentari harta kekayaan Paslon. KPU menurutnya hanya memiliki kewajiban mengumumkan sesuai anjuran dari KPK.

"Jadi begini ya, kalau KPU kan gak punya kewenangan untuk melakukan audit ya. Klarifikasi pun kita tidak bisa. Jadi laporan harta kekayaan itu yang diterima KPK dan kami menerima mandat untuk mengumumkannya. Dan sudah kami umumkan di website KPU," kata Khamdun.

Disadur dari iNews.id

Calon Wakil Bupati Blora KPU Kabupaten Blora Try Yuli Setyowati Harta Kekayaan


Loading...