Supaya Tak Mudah Diretas, Begini Langkah Mengamankan Akun WhatsApp

Supaya Tak Mudah Diretas, Begini Langkah Mengamankan Akun WhatsApp
Ilustrasi (Harapan Rakyat Online : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Selasa, 13 Oktober 2020 09:08 WIB

Terasjabar.id - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer dan banyak digunakan di dunia. Layanan perpesanan ini seringkali jadi alat komunikasi untuk keperluan profesional maupun bersosial.

Pentingnya WhatsApp bagi banyak orang membuat perusahaan membuat fitur-fitur keamanan. Tak hanya enkripsi dari ujung-ke-ujung, tetapi juga opsi autentikasi dua faktor.

FOLLOW JUGA :

Walaupun ada sejumlah fitur keamanan, hal itu tidak membebaskan pengguna dari peretasan. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan beberapa hal ini untuk membuat akun WhatsApp Anda lebih aman.

Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari The Verge, Selasa (13/10/2020).


Login ulang
Secara teori, mengambil alih akun WhatsApp Anda seharusnya merupakan situasi yang cukup mudah. Cukup masukkan nomor telepon Anda ke dalam aplikasi dan minta ia mengirimkan kode enam digit lagi.

Masalahnya, adalah bahwa peretas dapat mengirim spam ke nomor Anda dengan sekumpulan kode enam digit yang salah sehingga Anda terkunci dari akun Anda hingga 12 jam kemudian.

Jika Anda belum mengatur PIN Anda sendiri, ini membuat hacker atau peretas bebas untuk mengatur pin Anda sehingga ini berpotensi membuat Anda sendiri terkunci untuk masuk ke akun WhatsApp Anda selama tujuh hari.

Oleh sebab itu, penting untuk tidak membagikan kode enam digit tersebut pada siapapun, termasuk orang terdekat Anda. Jika hal terburuk terjadi, maka mengatur PIN akan bertindak sebagai penghalang lain untuk menghentikan seseorang agar tidak dapat masuk ke akun Anda.


Gunakan PIN
Gunakan PIN untuk mengamankan akun WhatsApp Anda. Buka WhatsApp dan ketuk tiga titik di kanan atas layar. Kemudian tekan Pengaturan > Akun lalu pilih > Verifikasi dua langkah. Tekan ‘Aktifkan’ lalu pilih PIN enam digit Anda.

Langkah selanjutnya ini tidak wajib, tetapi menambahkan alamat email akan memungkinkan Anda memulihkan akun jika Anda lupa PIN Anda. WhatsApp secara berkala akan meminta PIN Anda saat Anda menggunakannya agar Anda tidak mudah melupakannya, tetapi kami tetap menyarankan agar Anda memiliki cadangan.

Disadur dari iNews.id

Aplikasi Layanan Perpesanan WhatsApp


Loading...