Cara Isolasi Mandiri yang Tepat Cegah Penularan Covid-19

Cara Isolasi Mandiri yang Tepat Cegah Penularan Covid-19
CNN Indonesia
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 13 Oktober 2020 08:30 WIB

Terasjabar.id -- 

Isolasi mandiri merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus corona kepada keluarga dan orang sekitar.

Ketua #SatgasCovid19 Doni Monardo mengingatkan bahwa virus Covid-19 sangat mudah menular. Penularan corona banyak terjadi di antara orang-orang yang dekat, baik itu keluarga, teman atau sahabat, atau siapa pun yang berinteraksi secara dekat.

"Ketika pulang ke rumah, bertemu dengan orang-orang yang disayangi, orang-orang yang dikasihi, maka bisa juga mereka yang tidak keluar rumah akan terpapar Covid-19. Risikonya sangat besar bagi keluarga, terutama yang rentan atau yang sudah lansia," ujar Doni.


Bagi mereka yang terkonfirmasi mengidap virus Covid-19 atau yang baru kembali dari zona rawan tentu diharuskan mengisolasi diri dan menjaga jarak dengan sekitarnya, khususnya orang terdekat.

Namun, protokol atau cara isolasi mandiri berbeda dengan sekadar berdiam diri di rumah.

Dilansir dari laman resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Minggu (11/10), poin pertama isolasi mandiri atau isolasi diri yakni harus tinggal di dalam rumah dan tidak boleh berinteraksi dengan orang lain.

"Orang yang sedang isolasi diri wajib menggunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lain. Selama di rumah, yang bersangkutan juga wajib #pakaimasker. Dirinya tidak boleh berdekatan dengan anggota keluarga lain dan harus menjaga jarak lebih dari 1 meter dari anggota keluarga lainnya. Hindari juga pemakaian bersama peralatan makan, peralatan mandi dan linen atau sprei."

Kemudian, pasien yang sedang melakukan isolasi diri diperbolehkan keluar rumah atau ruang terbuka namun dengan syarat.

"Kegiatan ini malah dianjurkan, sekaligus berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. Namun, perlu diingat pasien isolasi mandiri wajib sering #cucitangan memakai sabun dan dengan air yang mengalir. Setiap permukaan benda yang sering disentuh juga harus dibersihkan dengan menggunakan cairan disinfektan."

Selain itu, isolasi diri bisa menjadi cara untuk memantau kesehatan diri sendiri. Selama isolasi, pasien harus mengukur suhu tubuh setiap hari dan secara saksama mengamati perkembangan gejala yang dialami. Pasien harus segera menghubungi fasilitas layanan kesehatan jika kondisi memburuk.



(ang/fef/CNN)

Virus Corona Isolasi Mandiri Indonesia Satgas Covid


Loading...