Advertisement

Berikut Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali Yang Enak dan Lezat

Berikut Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali Yang Enak dan Lezat
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Senin, 12 Oktober 2020 13:40 WIB

Terasjabar.id - Sambal matah khas Bali memang terkenal enak dan lezat. Apa pun masakannya, tanpa menambahkan sambal matah khas Bali serasa ada yang kurang.

Biasanya, sambal matah khas Bali disajikan ke dalam masakan ayam betutu, sate lilit, bebek, dan lainnya. Anda bisa memilih berbagai macam jenis lauk yang bisa dijadikan lauk untuk menambahkan kelezatan sambal ini.

"Bikin menu ala-ala Pulau Dewata Bali tidaklah lengkap tanpa sambal matahnya ya khan. Sambal matah ini dimakan ama apa aja enak kayaknya ya bikin jatuh hati beneran deh. Indonesian food walau bikinnya perlu usaha lebih tapi rasanya tiada duanya," tulis Instagram @lidyatjahjadi.

Sambal tradisional ini diolah mentah tanpa digerus. Bahan-bahan sambal matah, yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, sereh, jeruk lemo dan minyak kelapa.

FOLLOW JUGA :

Jika tertarik mencicipi sambal matah khas Bali, Anda bisa membuat di rumah dengan menggunakan resep asli. Untuk mebuatnya sangat sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga selalu tersedia di dapur.

Tertarik membuat sambal matah khas Bali yang terkenal enak dan pedas? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @lidyatjahjadi, Senin (12/10/2020).

Bahan:

200 gr bawang merah kupas dan iris tipis
2 batang sereh ambil bagian tengahnya cincang halus
3 lembar daun jeruk buang batangnya cincang halus
Cabai rawit sesuai selera
Garam & gula sesuai selera
Sedikit terasi
6 sdm minyak panas


Cara Memasak:

1. Campur bawang, sereh, rawit, daun jeruk, garam, gula, terasi sedikit diremas-remas.
2. Kemudian, tuang dengan minyak yang panas, aduk rata. Sambal Matah siap disajikan.

Disadur dari iNews.id

Sambal Matah Khas Bali Cara Membuat


Related Post



Loading...