BLACKPINK Cetak Rekor Baru Billboard Berkat THE ALBUM

BLACKPINK Cetak Rekor Baru Billboard Berkat THE ALBUM
CNN
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 12 Oktober 2020 13:17 WIB

Terasjabar.id -- 

BLACKPINK baru saja mencetak rekor baru di tangga album populer Amerika Serikat, Billboard 200, berkat album penuh debut mereka yang dirilis pada 2 Oktober lalu, THE ALBUM.

Pada Minggu (11/10) waktu Amerika, Billboard mengumumkan bahwa THE ALBUM membuat debut di posisi ke-2 dalam tangga musik Billboard 200.

Dengan pencapaian tersebut, BLACKPINK menjadi grup K-Pop wanita pertama yang meraih posisi itu dalam sejarah Billboard 200.


Selain itu, THE ALBUM juga menjadi karya pertama dengan posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh grup wanita mana pun dalam 12 tahun terakhir.

Sebelumnya, grup wanita asal Amerika, Danity Kane menduduki puncak Billboard 200 pada 2008 dengan album bertajuk 'Welcome to the Dollhouse.'

Menurut Billboard yang dilansir Yonhap, THE ALBUM mengumpulkan 110 ribu unit setara album di Amerika Serikat, dalam sepekan sejak dirilis pada 2 Oktober.

Selama empat tahun berkarier, BLACKPINK pernah masuk tangga musik Billboard 200 dengan album mini Square Up (2018) di posisi ke-40 dan Kill This Love (2019) di posisi ke-24.

THE ALBUM dirilis pada awal Oktober lalu dan menjadi album penuh perdana dari grup yang beranggotakan Jennie, Jisoo, Rose, serta Lisa.

Album itu berisi delapan buah lagu, termasuk hit How You Like That, Ice Cream berkolaborasi dengan Selena Gomez, serta lagu baru mereka, Lovesick Girls.



Sebelum memecahkan rekor Billboard 200, THE ALBUM sempat membuat rekor lainnya, yaitu dipesan sekitar 590 ribu hanya dalam satu hari. Angka penjualan itu telah memecahkan rekor IZ*ONE, yang laku 389.334 kopi untuk album "Oneiric Diary" pada minggu pertamanya.

"Mengingat jumlah album yang diekspor ke Amerika Serikat dan Eropa tidak termasuk dalam total, jumlah penjualan album sebenarnya diperkirakan akan lebih tinggi," demikian keterangan YG.

Sebelumnya, THE ALBUM BLACKPINK telah melampaui 1 juta preorder yang merupakan jumlah tertinggi yang pernah tercatat untuk girlband K-pop. Itu juga menjadikan BLACKPINK sebagai girlband Korea pertama yang melampaui 1 juta pra-pemesanan.



(agn/end/CNN)

BLACKPINK Selena Gomez Penyanyi YG Entertainment New Single K-Pop Ice Cream Billboard The Album


Loading...