Simulasi Ketiga Pilkada 2020, Bawaslu Memberikan Sejumlah Catatan

Simulasi Ketiga Pilkada 2020, Bawaslu Memberikan Sejumlah Catatan
(Bawaslu Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 12 Oktober 2020 12:28 WIB

Terasjabar.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memberikan sejumlah catatan dalam pelaksanaan simulasi ketiga pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan sistem informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) untuk Pilkada 2020. simulasi ini digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Lapangan Candi Nambangan, Rejowinangun Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (10/10/2020).

Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin memaparkan beberapa catatannya. Misalnya, simulasi pemungutan suara ini dilakukan di tempat lapangan yang cukup luas dengan tenda yang juga besar. Menurutnya, TPS dalam pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang belum tentu bisa ideal seperti itu.

“Banyak TPS yang didirikan di tempat sempit karena memang ketiadaan lahan atau tempat. Simulasi seharusnya mendekati situasi yang sebenar-benarnya," kata Afif dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Senin (12/10/2020).

FOLLOW JUGA :

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu itu juga memberikan catatan lain terkait keberadaan undakan (semacam tangga) setinggi sekitar 10 centimeter saat hendak masuk ke dalam TPS. Dia khawatir, pemanfaatan undakan tersebut bisa menyulitkan pemilih disabilitas dan kalangan orang tua (renta) khususnya yang menggunakan kursi roda.

Terakhir, Afif juga memberikan catatan terkait dengan keberadaan daftar pemilih tetap (DPT) di lokasi TPS. Dia meminta agar NIK para pemilih ditampilkan secara jelas.

"Semula DPT yang ditempel (di TPS simulasi) NIK-nya kelihatan semua. Kami sampaikan untuk diganti dengan yang berbintang," ujarnya.

Untuk diketahui, simulasi ini merupakan simulasi ketiga yang digelar KPU dengan menampilkan mekanisme pemungutan suara layaknyadi TPS. Ada petugas KPPS yang melayani pemilih, ada pemilih yang ikut mencoblos, ada pengawas TPS, ada saksi dari pasangan calon, dan lain-lain. Simulasi kali ini juga dihadiri Plh Ketua KPU Ilham Saputra dan tiga komisioner KPU seperti Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi; Viryan Aziz serta Evi Novita Ginting.

Disadur dari iNews.id

Bawaslu Pilkada 2020 KPU Pandemi COvid-19 Simulasi Ketiga


Loading...