BMKG Memprediksi Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Jatim dalam 3 Hari ke Depan

BMKG Memprediksi Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Jatim dalam 3 Hari ke Depan
(BMKG Juanda/Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 11 Oktober 2020 13:46 WIB

Terasjabar.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo memprediksi terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim) dalam tiga hari ke depan. Masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dengan fenomena alam tersebut.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto meminta masyarakat waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang sampai dengan sore hari di wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo dan Bondowoso.

FOLLOW JUGA :

"Prakiraan cuaca wilayah Jatim dan sekitarnya hari ini pada pagi hari diperkirakan cerah, berawan dan hujan ringan sampai dengan sedang. Kondisi cuaca seperti ini akan berlangsung hingga malam hari yang juga ada potensi berkabut.," ujarnya di Sidoarjo, Minggu (11/10/2020).

Dia menjelaskan, untuk suhu udara berkisar antara 14 sampai dengan 35 derajat celsius dengan tingkat kelembaban berkisar 35-95 persen.

"Sementara arah angin dominan dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 5 sampai dengan 30 kilometer per jam," katanya.

BMKG juga merilis peringatan dini kondisi cuaca maritim perairan Jatim dengan arah angin didominasi Timur-Tenggara. Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 21 knots (39 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim mencapai 25 knots (45 km per jam).

Kemudian ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,3 sampai satu meter. Lalu Laut Jawa bagian timur antara 0.5 - 2.5 meter, sedangkan di Samudera Hindia selatan Jatim antara 2 sampai 5 meter.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

"BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter di Perairan Selatan dan Samudera Hindia Selatan Jatim," katanya.

Disadur dari iNews.id

BMKG Hujan Deras Jawa Timur Angin Kencang


Loading...