Presiden Jokowi Melakukan Kunker Ke Kabupaten Pulang Pisau Kalteng, Beberkan Model Bisnis Food Estate

Presiden Jokowi Melakukan Kunker Ke Kabupaten Pulang Pisau Kalteng, Beberkan Model Bisnis Food Estate
(iNews.id/Screenshoot : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 8 Oktober 2020 13:21 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk meninjau food estate atau lumbung pangan nasional. Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi membeberkan model bisnis yang diterapkan di area food estate tersebut.

Dia mengatakan, di area tersebut tidak hanya akan ditanami padi saja tapi juga jenis tanaman lain.

“Kita juga di sini mengkombinasikan antara sawah yang nanti ditanam padi, kemudian di pinggir ditanam jeruk. Ini, ini jeruk. Kemudian ada lagi di pinggir di sisi ini ada bawang merah, ada kelapa. Kita harapkan nanti hasil yang dihasilkan bukan hanya padi tetapi ada jeruk dan ada kelapa. Ini yang kita harapkan. Plus bawang merah tadi,” katanya, Kamis (8/10/2020).

FOLLOW JUGA :

Tidak hanya tanaman saja, di area tersebut juga akan ada budi daya ikan di dalam keramba. Selain itu juga ada ternak itik.

“Karena airnya melimpah di setiap irigasi yang ada, ini juga kita memulai coba untuk dibudidayakan ikan di keramba. Akan kita lihat mungkin nanti hasilnya dalam 3-4 bulan seperti apa,” ujarnya.

Dia berharap dengan model bisnis seperti ini akan dapat menaikkan pendapatan petani. Hal ini karena ada berbagai macam bisnis yang dikembangkan di area tersebut.

“Dengan cara-cara ini kita harapkan pendapatan petani akan naik. Tidak hanya dari padi tapi juga dari jeruk, dari bawang merah, dari kelapa, dari ikan, plus juga dari itik. Ini kombinasi-kombinasi model bisnis seperti ini yang akan coba terlebih dahulu,” tuturnya.

Menurut dia, jika model ini sukses dan bagus akan diterapkan di tempat lain. Di setiap 1.000 hektare lahan akan ada model-model bisnis yang dibangun.

“Begitu nanti kita lihat bagus, sukses dan bagus, model bisnis ini akan kita copy di tempat-tempat lain. Per 1.000 hektar lahan akan ada model-model bisnis yang akan kita bangun,” katanya.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

Pada kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan area food estate di Kalteng memiliki tanah yang subur dan air yang melimpah sehingga harus dimanfaatkan agar produktif.

“Kita patut bersyukur di Pulang Pisau, di Kabupaten Kapuas hamparannya semuanya datar, airnya melimpah, tanah subur sehingga sangat sayang sekali kalau ini tidak dimanfaatkan agar produktif,” ucapnya. 

Disadur dari iNews.id

Presiden Jokowi Kalteng Food Estate Kunker Model Bisnis


Loading...