Pemkot Palembang Meluncurkan Program JIG, Menyediakan Akses Internet Gratis Bagi Pelajar yang Sedang Melakukan Pembelajaran Daring

Pemkot Palembang Meluncurkan Program JIG, Menyediakan Akses Internet Gratis Bagi Pelajar yang Sedang Melakukan Pembelajaran Daring
Ilustrasi (Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 8 Oktober 2020 09:23 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meluncurkan program Jaringan Internet Gratis (JIG). Program ini untuk menyediakan akses internet gratis bagi pelajar yang sedang melakukan pembelajaran daring.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, ini merupakan tahap pertama. Di mana 25 pemancar JIG telah diaktifkan. Menurutnya, pemkot menargetkan pengaktifan 60 unit JIG hingga akhir tahun 2020.

"Mudah-mudahan JIG ini menjadi niat baik bersama untuk mendukung model pembelajaran sistem daring, semoga tidak ada lagi keluhan terkait biaya pembelajaran jarak jauh (PJJ)," kata Harnojoyo, Kamis (8/10/2020).

FOLLOW JUGA :

Harnojoyi melanjutkan, JIG disediakan oleh pihak ketiga dan sekolah membayar biayanya menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) sehingga pemerintah daerah tidak harus menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan siswa tidak harus membayar iuran.

"Biaya untuk mengakses JIG sebesar Rp3 juta per sekolah. Untuk siswa hanya bisa akses situs pembelajaran, sedangkan untuk guru dibebaskan," katanya.

Pemerintah kota, menurut dia, menargetkan pemasangan 60 unit JIG hingga akhir 2020. Nantinya di tahun 2021 ditargetkan sudah bisa menjangkau 60 sekolah menengah pertama (SMP) dan 249 sekolah dasar (SD),di Kota Palembang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan program JIG dilaksanakan dalam kerangka kerja sama sekolah dengan penyedia jaringan internet.

JIG, menurut dia, dirancang mampu menjangkau rumah-rumah siswa maupun guru.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

"JIG ini beroperasi 24 jam dengan petugas operator yang selalu stand by (siaga) menjaga sistemnya," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Palembang JIG Sumsel Pandemi Covid-19


Loading...