Industri Musik Dunia Tengah Kehilangan Gitaris Eddie Van Halen yang Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun, Berikut Beberapa Faktanya !!

Industri Musik Dunia Tengah Kehilangan Gitaris Eddie Van Halen yang Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun, Berikut Beberapa Faktanya !!
(CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Teras Seleb —Rabu, 7 Oktober 2020 12:59 WIB

Terasjabar.id - Industri musik dunia tengah kehilangan. Musikus dan gitaris legendaris grup musik Van Halen, Eddie Lodewijk van Halen, meninggal dunia di usia 65 tahun pada Selasa 6 Oktober 2020.

FOLLOW JUGA :

Kabar duka tersebut disampaikan sang putra, Wolf Van Halen, di media sosial Twitternya. Dia menyebut, sang ayah meninggal dunia usai pertempurannya melawan penyakit kanker.

“Dia adalah ayah terbaik,” tulis Wolf Van Halen seperti dikutip dari media sosial Twitternya, Rabu (7/10/2020).

Berikut sejumlah fakta dan kenangan tentang Eddie Van Halen selama hidupnya yang berkarier di industri musik sejak 1970-an, seperti dirangkum dari The Sound.

1. Eddie dan musik klasik

Meskipun Eddie lebih terkenal dengan gitar listriknya, dia rupanya mempunyai hubungan dengan musik klasik. Nama tengahnya, Eddie ‘Lodewijk’ Van Halen merupakan penghormatan kepada musisi klasik paling signifikan dalam sejarah, Ludwig Van Beethoven.

Dia juga menamai putranya dengan nama legenda klasik lainnya, Wolfgang Amadeus Mozart.

2. Masuk Guinness Book of World Records

Grup musik Eddie pernah menjadi headline US Festival pada 1983 dan mendapatkan tempat di Guinness Book of World Records untuk penampilan tunggal dengan bayaran tertinggi dari sebuah band. Saat itu, mereka menerima bayaran 1,5 juta dolar AS atau Rp22,1 miliar dengan tampil selama 90 menit.

3. Seorang penemu

Selama hidupnya dengan gitar listrik, Eddie terkenal senang mengerjakan gitarnya dengan memilah-milahnya dan menyatukannya kembali sampai dia melakukannya dengan benar. Namanya ada pada tiga paten, yaitu dukungan alat musik, alat musik gesek dengan kontrol ketegangan senar yang dapat disesuaikan, dan pasak gitar.


4. Bertempur melawan kanker lidah

Pria yang dijuluki sebagai ‘Dewa Gitar’ ini mengakui bahwa dia menderita kanker lidah pada 2001. Dia kemudian menjalani operasi dan kehilangan sepertiga lidahnya.

5. Di balik ‘Beat It’ Michael Jackson

Eddie memainkan solo gitar yang terkenal di 'Beat It', single hits tahun 1983 milik Michael Jackson. Dia tidak meminta royalti atas kontribusinya pada lagu tersebut karena dia mengklaim melakukannya sebagai bantuan.

Disadur dari iNEws.id

Kabar Duka Eddie Van Halen Industri Musik Dunia Meninggal Dunia


Loading...