Jawa Timur Terbebas dari Zona Merah Covid-19, ini yang Dikatakan GUbernur Jatim Khofifah Indarparawansa

Jawa Timur Terbebas dari Zona Merah Covid-19, ini yang Dikatakan GUbernur Jatim Khofifah Indarparawansa
(ist/Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 7 Oktober 2020 11:54 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa menyebut provinsi di ujung Timur pulau Jawa ini telah diumumkan terbebas dari zona merah Covid-19 oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional.

Dari 38 Kab/Kota seluruh Jatim, 28 wilayah dinyatakan berkategori orange atau risiko sedang, 10 sisanya berkategori zona kuning atau risiko rendah.

"Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional mencatatkan bahwa Jatim sudah bebas dari zona merah," ujarnya, Rabu (7/10).

FOLLOW JUGA :

Khofifah menyebut, Jawa Timur berhasil menekan penyebaran Covid-19 karena pihaknya selalu menerima pertimbangan dan masukan dari pakar epidemologi dalam penanganan covid-19.

Selain itu, penggunaan masker yang masih dan serentak juga diklaim telah dapat menurunkan kurva penambahan kasus corona di Jatim.

"Prinsipnya, kami selalu mempertimbangkan masukan dari pakar epidemiologi dalam penanganan Covid-19 di Jawa Timur. Kita juga mendapatkan data bahwa penggunaan masker yang masif dan serentak, terbukti mampu menurunkan kurva penambahan kasus Covid-19 di berbagai Negara. Di samping itu, apabila 60 persen saja populasi mau pakai masker, Rate of Transmission atau tingkat penularan bisa turun dibawah satu,” tuturnya.

Dalam satu bulan terakhir, penanganan Covid-19 di Jawa Timur difokuskan kepada perubahan perilaku dengan kampanye penggunaan masker yang masif oleh para tokoh diikuti dengan operasi Yustisi yang tidak hanya memberikan hukuman, tetapi juga memberikan reward kepada masyarakat yang patuh protokol kesehatan.

Positivity rate Jatim telah turun

Tak hanya peningkatan cakupan penggunaan masker, percepatan 3T yang lebih masif juga sebagai kunci utama guna mengendalikan laju penyebaran Covid-19. Secara kumulatif, testing di Jawa Timur per 6 Oktober telah dilakukan kepada 1.346.878 orang, dengan rincian rapid test sebanyak 976.711 tes dan PCR sebanyak 370.107 tes.

"Saat ini, positivity rate Jatim telah turun dari 31 persen di Juli menjadi 10 per minggu ini yang artinya testing terus konsisten meningkat sementara semakin sedikit kasus positif Covid-19 yang ditemukan di masyarakat. Ini merupakan pertanda bahwa intervensi kita on the right track,” ujarnya.

Khofifah juga mengungkapkan Bahwa Pemprov Jatim bersama 127 rumah sakit rujukan telah mempersiapkan tempat tidur yang cukup untuk isolasi dengan rincian 6.611 bed isolasi biasa dan 860 bed isolasi tekanan negatif/ICU yang saat ini jumlahnya tertinggi di banding provinsi lain di Indonesia.

"Penurunan kasus Covid-19 di Jawa Timur juga dapat dilihat di BOR rumah sakit di Jawa Timur yang konsisten menurun, dua minggu sebelumnya. BOR rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Timur adalah 49 persen, laporan terakhir dari Kemenkes RI menunjukkan bahwa BOR Jawa Timur saat ini adalah 38 persen. Padahal standar WHO kapasitas bed dikatakan aman bila dibawah 60 persen. Artinya memang benar, tren kasus cenderung menurun,” tambahnya.

Walau telah terbebas dari zona merah, Gubernur Khofifah tetap berpesan kepada masyarakat untuk tidak lengah. Kepatuhan akan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan menghindari kerumunan tetap harus dijalankan sampai penyebaran benar-benar berhenti.

"Saat ini, Masyarakat Jawa Timur harus tetap waspada dan gotong royong karena kita semua belum di vaksin. Satu-satunya vaksin yang saat ini kita miliki adalah patuh terhadap protokol kesehatan," pesannya.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

Sebagai rincian, zona orange di Jatim tersisa 28 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yakni Banyuwangi, Nganjuk, Bondowoso, Jombang, Tuban, Sidoarjo, Magetan, Ngawi, Sumenep, Lamongan, Bojonegoro, Kota Surabaya, Probolinggo, Lumajang, Blitar, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Situbondo, Kediri.

Kemudian, Mojokerto, Kota Batu, Kota Malang, Pasuruan, Ponorogo, Gresik, Jember, Kota Mojokerto, Kota Madiun. Sedangkan untuk zona kuning terdapat pada Pamekasan, Pacitan, Kota Blitar, Bangkalan, Kota Kediri,Madiun, Tulungagung, Trenggalek, Malang, Sampang.

Disadur dari Merdeka.com 

Gubernur Jatim Pandemi Covid-19 Zona Merah


Loading...