Wilayah Jawa Timur Akhirnya Bebas dari Zona Merah Covid-19

Wilayah Jawa Timur Akhirnya Bebas dari Zona Merah Covid-19
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 7 Oktober 2020 11:30 WIB

Terasjabar.id – Wilayah Jawa Timur (Jatim) akhirnya bebas dari zona merah Covid-19. Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Covid-19 Nasional, dari 38 kabupaten/kota seluruh Jatim, 28 wilayah dinyatakan zona oranye atau risiko sedang. Sedangkan 10 sisanya berkategori zona kuning atau risiko rendah.

“Alhamdulillah, sore hari ini Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional mencatatkan bahwa Jatim sudah bebas dari zona merah,” tulis Gubernur Khofifah di akun Instagram pribadinya pada Selasa (6/10/2020) malam.

Atas progres ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan bahu-membahu mengendalikan penyebaran Covid-19.

FOLLOW JUGA :

“Terima kasih kerja keras semua pihak baik dari pemerintah kabupaten/kota, TNI, Polri, kejaksaan, pengadilan, kampus, media, tenaga kesehatan, tokoh agama, relawan dan seluruh warga Jatim. Merekalah yang menjadi faktor utama yang berkontribusi pada kesuksesan Jatim kali ini,” katanya.

Pada kesempatan ini, Khofifah juga membeberkan rahasia Jatim dalam keberhasilannya menekan penyebaran Covid-19. “Prinsipnya, kami selalu mempertimbangkan masukan dari pakar epidemiologi dalam penanganan Covid-19 di Jatim,” katanya.

Khofifah mengatakan, berdasarkan fakta di lapangan, penggunaan masker yang masif dan serentak mampu menurunkan kurva penambahan kasus Covid-19 di berbagai negara. Di samping itu, apabila 60 persen saja populasi mau memakai masker, Rate of Transmission (RT) atau tingkat penularan bisa turun di bawah satu.

“Karena itu, kita adopsi gagasan yang telah scientifically proven (terbukti secara ilmiah) ini di Jatim,” tuturnya.

Khofifah menyebut, dalam satu bulan terakhir, penanganan Covid-19 di Jatim difokuskan kepada perubahan perilaku dengan kampanye penggunaan masker yang masif oleh para tokoh. Kampanye tersebut lantas diikuti dengan operasi yustisi yang tidak hanya memberikan hukuman, tetapi juga memberikan reward kepada masyarakat yang patuh protokol kesehatan.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

"Saya setiap akhir pekan bersama tim dari Forkopimda, pangdam, kapolda, bupati, wali kota juga pimpinan instansi vertikal seperti BI, BPN, OJK dan para survivor Covid-19 bergantian untuk keliling kabupaten dan kota di Jatim," katanya.

Kegiatan tersebut dikemas dengan cara gowes untuk menyampaikan ajakan "Pakai Masker" kepada masyarakat. Selain membagikan masker gratis, pihaknya juga membagikan sembako untuk mengapresiasi kepatuhan warga dalam menjaga protokol kesehatan.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Covid-19 Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim Zona Merah


Loading...