Forkopimda Tinjau Bencana Longsor di Subang

Forkopimda Tinjau Bencana Longsor di Subang
Forkopimda Kuningan saat meninjau bencana tanah longsor di Desa Jatisari Kec Subang Senin (5/10-2020)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 6 Oktober 2020 12:54 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Bencana tanah longsor akibat Hujan deras di wilayah Kecamatan Subang yang terjadi hari Sabtu (3/10-2020) di tinjau oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama bersama Forkopimda yaitu, Dandim 0615 ketkol Czi Arter Joy Lumi, Kapolres AKBP Lukman Syafri Dandel Malik didampingi Kalaka BPBD Indra Bayu Permana, S.Stp, Kadis PUPR dan Perumahan H Ridwan Setiawan, M.Si, Plt Camat dan pamong desa, Senin (5/10-2020).

Seperti diketahui, bencana longsor yang terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi, yang mengakibatkan pergerakan tanah Longsor di empat titik yaitu, di Dusun Manis RT 3 RW 03 Desa Pamulihan 4 rumah warga alami rusak, menyusul di Desa Jatisari, tanah longsor mengakibatkan jalan penghubung Dusun Cibabu ke Jatisari terputus. Dan, Dusun Cirahayu Desa Subang tanah longsor mengakibatkan terancamnya 2 rumah warga setempat. Menyusul jalan desa Situgede ada yang terputus, hingga praktis mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Pergerakan tanah longsor terjadi pula di RT 13 RW 03 desa Pamulihan.


Bupati H Acep Purnama menghimbau, agar masyarakat tetap tenang namun selalu waspada terhadap perubahan cuaca. Khusus bagi daerah-daerah rawan bencana di musim penghujan, sebaiknya diungsikan, harapnya.


Acep juga berpesan kepada para 'Kuwu' untuk memantau wilayahnya masing-masing, dan selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana.
Ihwal bencana longsor yang terjadi di 4 titik, segera diperbaiki oleh Dinas PUPR dan Perumahan, janji Acep.

Sementara itu, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi disela-sela peninjauan mengatakan, karya bhakti TNI dalam rangka HUT TNI ke 75 di-lajsanakan oleh anggota koramil 1504 Subang, koramil 1503 Ciniru dan koramil 1502 Kadugede dibantu anggota Polsek, pamong desa, Karang Taruna dan masyarakat desa sekitarnya. Kegiatan karya bhakti antara lain, membangun tanggul penahan serta pengurugan jalan. Selain itu mekakukan pembersihan bekas sisa tanah longsor di kampung Cikoneng RT 13 RW 03 Desa Pamulihan, terangnya.


Untuk sementara jalan sudah bisa dilewati oleh kendaran roda dua. Menyusul perbaikan jalan secara permanen agar dapat di lewati oleh roda empat, imbuhnya.

(H WAWAN JR)

Bencana Alam Tanah Longsor Hujan Deras Bupati Kuningan Forkopimda Kecamatan Subang


Loading...