Sereh Wangi Kian Digandrungi Untuk Dibudidayakan, Dandim 0617 Majalengka Kembangkan Budidaya Sereh Wangi, 'Si Rimbun' Peningkat Perekonomian Petani

Sereh Wangi Kian Digandrungi Untuk Dibudidayakan, Dandim 0617 Majalengka Kembangkan Budidaya Sereh Wangi, 'Si Rimbun' Peningkat Perekonomian Petani
(Tribun Cirebon/ Eki Yulianto : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 4 Oktober 2020 12:04 WIB

Terasjabar.id - Sereh Wangi kian digandrungi untuk dibudidayakan.

Selain aroma khas daunnya yang menyerupai rempah-rempah, tanaman ini memiliki nilai ekonomis tinggi.

Bibit dan daunnya bisa mendatangkan omzet yang lumayan cukup besar.

Seperti, yang dilakukan Kodim 0617 Majalengka, yang terus mencari terobosan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Kali ini, melalui programnya 'Sereh Wangi Sugih Mukti."

Kodim 0617 Majalengka, dibawah tanduk kepemimpinan Letkol Inf Andik Siswanto, mengembangkan budidaya Sereh Wangi di Desa Bayureja, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka.

Pembukaan lahan dan sekaligus penanaman Sereh Wangi di lokasi tersebut, langsung dilakukan oleh Dandim yang juga dihadiri unsur Muspika Kecamatan Sindang dan aparat desa serta tokoh masyarakat setempat, Sabtu (3/10/2020).

Menurut Letkol Inf Andik Siswanto, pengembangan budidaya Sereh Wangi ini sebagai upaya alternatif dan solusi untuk menambah pendapatan warga masyarakat di Kabupaten Majalengka.

Dandim menjelaskan, bahwa Kabupaten Majalengka sendiri, memiliki potensi alam yang begitu bagus dan kondisi ini memungkinkan untuk tumbuh suburnya potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah.

Seperti sayuran, buah buahan, pangan juga sektor pariwisata serta berbagai sektor lainnya.

"Melihat dari faktor itulah, sebagai salah satu upaya kami dari satuan Kodim 0617 Majalengka, untuk mendukung program pemerintah setempat. Dan muncul suatu ide dan gagasan terobosan baru. Yakni, program Sereh Wangi Sugih Mukti," ujarnya, Sabtu (3/10/2020).

Sereh Wangi sendiri, menurut Dandim, bisa tumbuh di lahan dataran rendah atau dataran tinggi.

Bahkan, di lahan yang tandus atau yang kurang air maupun tanah yang lembab, di bawah tegakan ataupun di ruang terbuka Sereh Wangi bisa ditanami.

"Sereh Wangi ini, bisa bertahan dari kekeringan. Maka kami akan melakukan itu salah satunya di wilayah Desa Bayureja ini dengan bermitra bersama para petani dan masyarakat," ucapnya.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

Dengan penanaman bibit Sereh Wangi yang ia lakukan tersebut, bermaksud untuk memberdayakan potensi SDA di lingkungan Desa Bayureja dan sekaligus untuk mengenalkan langsung kepada masyarakat sekitar.

"Kami berharap melalui penanaman Sereh Wangi ini ada secercah harapan untuk meraih kesejahteraan masyarakat untuk mewujudkan bersama Kabupaten Majalengka yang Raharja," jelas dia.


Disadur dari Tribunjabar.id

Budidaya Sereh Wangi Kodim 0617 Majalengka Nilai Ekonomis Tinggi


Loading...