Mirip Dengan Organ Kelamin Wanita, Ini Beragam Manfaat Bunga Telang

Mirip Dengan Organ Kelamin Wanita, Ini Beragam Manfaat Bunga Telang
(iNews.id/Kuntadi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 1 Oktober 2020 09:42 WIB

Terasjabar.id – Bunga telang (Clitoria Ternatea) selama ini dikenal sebagai tanaman hias yang merambat. Bunganya berwarna biru atau ungu ini mirip dengan organ kelamin wanita. Ternyata bunga ini banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan menjadi ladang bisnis yang menggiurkan.

Perajin bunga telang, Danang Ari Krisnadi mengatakan bunga ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Mulai dari obat mata, pewarna rambut, meningkatkan imunitas tubuh sampai dengan menurunkan kolesterol. Di rumahnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro dia telah mengembangkan bunga ini menjadi berbagai produk minuman, makanan sampai kosmetik.

“Awalnya saya buat untuk minuman dan makanan,” katanya, Kamis (1/10/2020).

Untuk mengonsumsi teh bunga telang cukup mudah seperti menyeduh teh pada umumnya. Cukup dicampur dengan air panas, airnya sudah bisa dijadikan minuman. Awalnya teh bunga telang hanya untuk dikonsumsi keluarganya, namun kini banyak diminati pasar.

“Selama masa pandemi Covid-19, banyak yang mencari untuk meningkatkan imunitas,” katanya.

Sampai saat ini, Danang telah mengembangkan bunga telang menjadi berbagai komoditas. Selain teh tubruk, juga untuk campuran pembuatan sabun, shampo, handsoap, bodywash, sirup, dan teh celup. Produk ini dibuat secara otodidak belajar dari internet.

Dari berbagai produk olahan ini, teh bunga telang paling banyak diminati masyarakat. Untuk membuat teh bunga telang, bunga yang segar dimasukkan ke dalam oven agar kering dan tidak ada kadar airnya. Bunga ini juga masih dijemur di bawah terik matahari.

“Harga bunga ini telang cukup mahal, sekitar Rp150.000 sampai dengan Rp500.000 per kilogramnya kalau sudah kering,” katanya.

Produk home industry buatan Danang diberi label dengan nama Ash-Shikhah. Setiap produk dijual bervariasi antara Rp5.000 sampai dengan Rp25.000. Saat ini penjualannya masih manual dan memanfaatkan media sosial.

Disadur dari iNews.id

Bunga telang Tanaman Hias Manfaat


Loading...