WAJIB TAHU ! 8 Makanan yang Harus Dihindari Demi Imun Tubuh yang Kuat

WAJIB TAHU ! 8 Makanan yang Harus Dihindari Demi Imun Tubuh yang Kuat
Media Kendari.com
Editor: Malda Life Style —Kamis, 1 Oktober 2020 09:14 WIB

Terasjabar.id -- 

Bicara soal imun tubuh tak ada habisnya. Sistem imun penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Beberapa makanan perlu dihindari demi menjaga imun tubuh tetap kuat.

Selain aktivitas fisik dan tidur yang cukup, makanan juga menjadi kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Apa yang Anda makan akan berpengaruh pada kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel kekebalan.

Beberapa makanan seperti sayur dan buah memang dikenal baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, beberapa makanan lain harus dihindari karena kandungan nutrisinya yang tidak seimbang.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari demi imun tubuh yang sehat, melansir Eat This.

LIHAT JUGA : 


1. Permen

Rasa manis permen sering kali menjadi camilan yang menyenangkan di tengah aktivitas. Namun, permen bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Permen kaya akan gula olahan. Sejumlah studi telah menemukan bahwa gula olahan dapat meningkatkan penanda peradangan dalam tubuh. Jumlah peradangan yang tinggi dalam tubuh dapat berdampak negatif terhadap sistem kekebalan.

Alih-alih mengunyah permen, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah beri yang manis secara alami. Buah beri juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat melawan peradangan.

2. Soda

Sama seperti permen, minuman bersoda atau minuman manis kemasan lainnya mengandung gula dan kalori yang tinggi. Keduanya tak memberikan gizi apa pun untuk tubuh. Konon, minuman tanpa gula tambahan adalah pilihan terbaik untuk membangun sistem kekebalan.

Asupan minuman bersoda dan minuman manis yang tinggi berisiko menambah berat badan dan memicu obesitas. Mereka yang mengalami kelebihan berat badan berisiko tinggi mengalami penekanan fungsi sistem kekebalan.

Daripada minuman kemasan, Anda disarankan untuk mengonsumsi jus buah yang sehat. Jus buah delima bisa jadi salah satu pilihan. Buah delima kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Ilustrasi Minuman SodaIlustrasi. Kandungan gula dan kalori yang tinggi membuat minuman bersoda harus dihindari demi menjaga imun tubuh tetap kuat. (kaicho20/Pixabay)

3. Alkohol

Hindari minuman beralkohol jika Anda tak ingin merasa tak enak badan di hari-hari setelahnya. Konsumsi minuman beralkohol dalam batas yang disarankan, yakni tidak lebih dari satu gelas untuk perempuan sehari, atau dua gelas sehari untuk pria.

Ahli gizi Patricia Bannan mengatakan bahwa alkohol dapat mengganggu jalur kekebalan serta mengganggu pola tidur. Kondisi tersebut pada akhirnya akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

4. Minuman berenergi

Minuman berenergi tak akan berguna jika Anda tetap tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Alih-alih bermanfaat, minuman energi justru dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Selain mengandung gula dan soda, minuman berenergi juga memiliki kandungan kafein yang jauh lebih tinggi. Asupan kafein berlebih dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Alih-alih mengandalkan minuman berenergi untuk tetap bugar saat beraktivitas, Anda disarankan untuk lebih fokus demi mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari.

5. Gorengan

Betapa pun lezatnya makanan yang digoreng, gorengan bukan lah pilihan terbaik untuk mendukung sistem kekebalan. Kandungan lemaknya yang sangat tinggi dapat memengaruhi sistem kekebalan.

"Makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak yang dapat menekan sistem kekebalan Anda," ujar Bannan. Diet tinggi lemak telah diketahui berdampak negatif pada mikrobioma usus yang memainkan peran penting dalam memproduksi sel-sel kekebalan.

Alih-alih menggoreng, Anda disarankan untuk mengolah makanan dengan cara dipanggang.

LIHAT JUGA : 

6. Makanan cepat saji

Bukan rahasia lagi, makanan cepat saji jelas tak baik untuk kesehatan. Makanan cepat saji kaya akan kalori, lemak jenuh, natrium, dan gula yang sangat tidak ideal untuk melindungi sistem kekebalan.

Selain dapat berdampak jangka panjang terhadap sistem kekebalan, makanan cepat saji juga dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe-2 dan gangguan jantung.

7. Sodium

Menghindari sodium memang bukan perkara mudah. Namun, setidaknya batasi asupan garam Anda. Pasalnya, hampir semua makanan mengandung natrium.

Selain dapat meningkatkan tekanan darah, asupan tinggi sodium juga dapat menekan fungsi kekebalan.

Bannan menyarankan Anda untuk memilih makanan kemasan dengan kandungan natrium yang tidak lebih dari 600 mg.

8. Es krim

Es krim bisa menenangkan dahaga di siang yang terik. Namun, es krim tinggi akan lemak jenuh dan gula yang dapat memicu peradangan.

"Es krim bisa mengandung gula enam kali lipat dari yang seharusnya Anda konsumsi sepanjang hari," kata Bannan.

Daripada es krim, Anda disarankan untuk mengonsumsi yogurt tanpa rasa atau kefir. Keduanya dapat meningkatkan kesehatan usus yang menjadi lokasi utama pembuatan sel-sel kekebalan.

(asr)

Makanan Imun Tubuh Penyakit Aktivitas


Loading...