Hari Kesaktian Pancasila Jatuh Pada 1 Oktober, BPIP Minta Pihak yang Temukan Keberadaan PKI Lapor ke Polisi

Hari Kesaktian Pancasila Jatuh Pada 1 Oktober, BPIP Minta Pihak yang Temukan Keberadaan PKI Lapor ke Polisi
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 1 Oktober 2020 08:59 WIB

Terasjabar.id - Hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, diharapkan dapat menjadi momentum mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kebijakan publik. Sehingga tujuan-tujuan negara yang sudah merdeka sejak 1945 ini mencapai kesejahteraannya.

"Peringatan kesaktian Pancasila sebagai momentum bangsa ini mengaktualisasikan Pancasila dalam kebijakan publik agar tujuan kita merdeka mencapai kesejahteraan," kata Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo dalam keterangan tulis, Kamis (1/10/2020).

Romo Benny menegaskan, orientasi pengambil kebijakan harus mengutamakan Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan juga keadilan. Dirinya juga mendorong elit politik bersikap dewasa dalam hal menyikapi isu-isu tentang radikalisme, terorisme dan komunisme yang masih berkembang. Karena bangsa harus fokus bergotong-royong, bersatu menghadapi pandemi Covid-19.

"Ke depan dibutuhkan bangsa ini keluar dari masa lalu dan berani melakukan rekonsiliasi sesama anak bangsa," terangnya.

Larangan terhadap komunisme dan leninisme, kata Benny yang tertuang dalam ketetapan MPRS jelas masih berlaku. Tetapi jika ada pihak yang mengetahui kebangkitan komunisme, maka segera melaporkan kepada pihak berwajib.

"Larangan-larangan komunisme jelas berlaku dalam Tap MPRS, maka jika ada (komunis) harus diproses dalam ranah hukum," tegasnya.

Ia juga mengimbau semua elemen bangsa tidak memperuncing perbedaan sejarah namun fokus memperkuat ideologi Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta tekad bulat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk kemajuan bangsa.

"Semua perbedaan pendapat dan persepsi anak-anak bangsa telah menyepakati. Kemudian konsensus itu sifatnya final dan tidak surut dilekang waktu, ataupun menghadapi tantangan dan gangguan apapun," tutupnya.

Sumber: Liputan6.com

Disadur dari Merdeka.com 

Hari Kesaktian Pancasila Pandemi Virus Corona BPIP PKI


Loading...