17 Kabupaten/Kota di Jabar Terima Penghargaan Menkes RI

17 Kabupaten/Kota di Jabar Terima Penghargaan Menkes RI
Bupati Kuningan H Acep Purnama saat menerima penghargaan dari Wagub Jabar H Uu Ruzhanul Ulum di gedung Pusdai Bandung
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 1 Oktober 2020 08:47 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum, SE menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada 17 kabupaten/kota, atas kepeduliannya, dukungan keberpihakan pemerintah daerah dan terjalinnya sinergitas seluruh warga dalam peningkatan kualitas kesehatan didaerahnya masing-masing. Penyerahan penghargaan berlangsung di gedung Pusdai Bandung, Selasa (29/09-2020).

Ke 17 Kabupaten/Kota penerima penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI itu antara lain. Kabupaten Tasikmalaya, Bekasi dan Pangandaran (Swasti Padapa). Kab Cianjur dan Ciamis (Swasti Saba Wiwerda). Lalu Kabupaten Kuningan, Kab Sukabumi, Kab Bandung, Kab Bandung Barat, Kab Sumedang, Kab Subang, Karawang, Garut, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cirebon, dan Kota Banjar sebagai penerima Swasti Saba Wistara. Predikat Swasti Saba Wistara ini merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat menurut Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

(Bupati Kuningan H Acep Purnama saat menerima penghargaan dari Wagub Jabar H Uu Ruzhanul Ulum di gedung Pusdai Bandung)

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama hadir langsung mewakili masyarakat Kab Kuningan menerima piagam apresiasi yang diberikan langsung Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, SE "Alhamdulilah hari ini saya menerima penghargaan Swasti Saba Wistara dimana Kuningan mendapat predikat Sebagai Kabupaten Sehat. Tanda penghargaan Swastisaba Wistara untuk Kabupaten kuningan ini mengartikan Kabupaten Kuningan sudah memberikan yang terbaik. Dengan demikian saya tetap untuk mengajak semua agar tetap bisa mempertahankan capaian -capaian yang sudah tercapai selama ini, bahkan bila dimungkin kan mari kita tingkatkan lagi", ujar Acep disela-sela acara. Terima kasih kepada semua element masyarakat, semua pemangku kebijakan, sekolah, pendidikan, kesehatan, lingkungan, industri, dan semuanya yang telah membantu untuk menciptakan kuningan sebagai kabupaten sehat." Mari kita tetap istiqomah dalam mempertahankan Kuningan sebagai Kabupaten sehat " tutur Acep.

Penghargaan Kabupaten Kota Sehat/Swasti Saba diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

(17 Kabupaten/Kota saat menerima penghargaan di gedung Pusdai Bandung, Selasa (29/9-2020) diabadikan bersama Wagub Jabar H Uu Ruzhanul Ulum)

Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat. Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan dari yang terendah, yaitu Padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara.

Selain Piagam Penghargaan ke 17 Kabupten/Kota dan Trophy kepada 17 Kabupaten/kota diberikan dana pembinaan masing-masing sebesar Rp 25 juta untuk penerima swasti saba wistara, Rp20 juta untuk penerima swasti saba wiwerda, dan Rp15 juta untuk penerima swasti saba padapa. (H WAWAN JR)

Wagub Jabar Kabupaten/Kota Gedung Pusdai Bandung Kemenkes RI


Loading...