Jalani TC Bersam Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, Witan Sulaeman Dapat Pengalaman Sangat Berharga

Jalani TC Bersam Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, Witan Sulaeman Dapat Pengalaman Sangat Berharga
(Kumparan.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 30 September 2020 11:30 WIB

Terasjabar.id - Penggawa Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman, mengaku banyak mendapat pengalaman berharga selama menjalani training camp (TC) di Kroasia. Banyak pelajaran yang bisa dipetik setelah dilatih oleh Shin Tae-yong.

Timnas U-19 sudah berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020. Tidak hanya berlatih, Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- juga dijajal kemampuannya lewat pertandingan uji coba.

Memang hasilnya belum memuaskan. Di mana Timnas U-19 kalah dari Bulgari 0-3, dibantai Kroasia 1-7, dan imbang melawan Arab Saudi 3-3. Lalu, Pasukan Merah Putih berhasil mendapat kemenangan pertama ketika bersua Qatar dengan skor 2-1.

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-19 usai menjebol gawang Dinamo Zagreb (dok. PSSI).
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-19 usai menjebol gawang Dinamo Zagreb (dok. PSSI).

Di pertemuan selanjutnya Timnas U-19 ditahan seri 1-1 oleh Qatar. Skuat Garuda Nusantara kembali kalah 0-1 ketika berhadapan dengan Bosnia-Herzegovina.

Pada pertandingan uji coba terakhir, Witan Sulaeman dan kawan-kawan sukses menang tipis 1-0 ketika berhadapan dengan klub asal Kroasia, Dinamo Zagreb.

Menurut Witan melawan tim-tim tersebut sangatlah berharga. Apalagi, Timnas Indonesia U-19 akan bertanding di Piala Dunia U-20 2021 di mana lawan yang dihadapi bakal sangat kuat.

"Kita di sini (Kroasia) mendapatkan banyak menit bermain, dapat pengalaman bertanding, itu sangat berharga sekali untuk karier kita ke depan untuk bagaimana melawan tim-tim Eropa dan untuk persiapan di Piala Dunia U-20 nanti sangat berharga sekali pengalaman di sini," kata Witan dikutip dari kanal Yotube PSSI.

Lebih dari itu, Witan juga menanggapi formasi 4-4-2 Shin Tae-yong. Pemain FK Radnik Surdulica itu mengaku bisa beradaptasi dengan baik mengikuti taktik arsitek asal Korea Selatan tersebut.

"Kalau formasi memang setiap pelatih, kan beda-beda. Tapi kita sebagai pemain harus profesional, kita harus juga menyesuaikan diri kepada setiap pelatih. Karena tidak mungkin kita selama bermain bola hanya dilatih dengan satu pelatih saja," pungkasnya.

Disadur dari Suara.com 

Timnas Indonesia U-19 TC Kroasia Shin Tae-Yong


Loading...