Dandim Karter : Jaga Diri dan Keluarga Dari Penyalahgunaan Narkoba

Dandim Karter : Jaga Diri dan Keluarga Dari Penyalahgunaan Narkoba
Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Karter Joy Lumi, Sip saat memberi arahan kepada Prajurit TNI dan PNS Kodim 0615/ Kuningan pada kegiatan penyuluhan P4GN
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 29 September 2020 09:10 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Jaga diri kita dan keluarga dari bahaya penyalahgunaan narkoba, yang saat ini menghantui masyarakat Indonesia.

Demikian ditegaskan Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Karter Joy Lumi, Sip saat memberi arahan kepada Prajurit TNI dan PNS Kodim 0615/ Kuningan pada kegiatan penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Tri-wulan III TA. 2020 di aula Mas'ud Wisnu Saputra Kodim 0615 Jl RE Martadinata Kuningan, Senin (28/9/2020).

Terkait bahaya dari narkoba bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, Dandim Karter, sangat prihatin jika anggota TNI terlibat dalam penyalah-gunaan narkoba, hingga harus menanggung sanksi kedinasan TNI, ujarnya.

"Betapa besar bahaya yang disebabkan oleh narkoba baik bagi diri kita, keluarga, ataupun masyarakat. Narkoba tidak memandang siapa dia, tua atau muda, pria atau wanita, bisa rusak karena narkoba. Oleh karena itu kita perlu tahu tentang bahaya narkoba ini yang begitu luar biasa merusak kehidupan manusia. Mari kita jaga diri kita ataupun keluarga kita dari bahaya penyalahgunaan narkoba," tegasnya.

Sementara itu, Danramil 1515/Cigugur, Kapten Inf Nandang Herdarsyah, dalam paparannya tentang P4GN menuturkan, penduduk Indonesia yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba sekitar 4 juta jiwa. Dan Unit sekitar 33 orang meninggal setiap harinya, ungkapnya.
Minimal kita bisa melindungi diri kita umumnya keluarga kita. Jaga diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu perlu kita ketahui beberapa materi tentang narkoba, ujarnya.

Nandang mengatakan, saat ini para pengedar semakin cerdik dalam mengedarkan barang haramnya. Agar tidak tercium oleh aparat hukum, salah satunya dengan cara bikin permen narkoba.

"Mulai dari coklat mengandung ganja, dengan tujuan supaya anak-anak menjadi kecanduan. Pengaruh pengguna Narkoba bisa menyebabkan Stimulan, yaitu menstimulir atau merangsang sistem saraf pusat. Depresan yaitu mengurangi aktifitas fungsional tubuh. Halusinogen atau halusinasi bisa juga dengan kata lain paranoid atau ketakutan dan gelisah," paparnya. (H WAWAN JR)

Dandim 0615 Kuningan P4GN Kodim 0615/ Kuningan


Loading...