BPKP Usulkan Harga Swab Test Mandiri Rp797 Ribu per Orang

BPKP Usulkan Harga Swab Test Mandiri Rp797 Ribu per Orang
CNN Indonesia
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 28 September 2020 13:34 WIB
Terasjabar.id -- 

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah mengeluarkan estimasi dan usulan terkait harga PCR swab test.

Untuk PCR swab test perseorangan atau mandiri, mereka mengusulkan harga sebesar Rp797 ribu. Sementara itu, untuk harga swab test kontraktual mereka mengestimasikan harganya sebesar Rp439 ribu per spesimen. 

"Menyangkut masalah tes swab kami sampaikan bahwa BPKP telah memberikan estimasi harga untuk sifatnya kontraktual itu Rp439 ribu per spesimen," ujar Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (28/9).

FOLLOW JUGA : 







Lihat postingan ini di Instagram











Sebuah kiriman dibagikan oleh Teras Jabar (@terasjabar.id) pada



Doni menambahkan angka itu masih terus dievaluasi oleh Kementerian Kesehatan.

"Angka ini masih akan dievaluasi lagi oleh tim Kementerian Kesehatan, sehingga angka tersebut tidak memberatkan masyarakat," tutur Doni.

Ia menambahkan harga yang diusulkan oleh BPKP juga akan terus dikaji oleh Kementerian Kesehatan agar tak merugikan pengusaha di sektor jasa laboratorium.

Sebelumnya, CNNIndonesia.com mencoba menelusuri layanan PCR swab test yang ditawarkan oleh beberapa rumah sakit (RS), salah satunya RS Mayapada.

Rumah sakit itu menawarkan harga PCR swab test sebesar Rp1,5 juta. Bila memilih layanan itu, hasil tes akan keluar tiga hari setelah tes.

Jika hasil tes ingin keluar lebih cepat maka masyarakat bisa memilih paket senilai Rp2 juta. Hasil tesnya akan keluar keesokan harinya atau paling lambat dua hari setelah tes.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

Namun, apabila masyarakat butuh hasil tes lebih cepat yakni 12 jam, mereka bisa memilih tes dengan harga Rp3 juta. Kemudian, RS Mayapada juga menawarkan PCR swab test senilai Rp3,5 juta dan hasil keluar 6 jam setelah tes diterima di bagian laboratorium.

Berbeda, RS Mitra Keluarga hanya menawarkan satu paket untuk PCR swab test. Rumah sakit itu menawarkan tes dengan harga Rp1,5 juta.

 

(aud/agt/CNN)

Virus Corona Tes Swab Harga Satgas Covid 19


Loading...