VIRAL, Diplomat Indonesia Silvany Sebut Perwakilan Vanuatu Berfantasi di Sidang PBB, Ia Alumni Unpad

VIRAL, Diplomat Indonesia Silvany Sebut Perwakilan Vanuatu Berfantasi di Sidang PBB, Ia Alumni Unpad
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 28 September 2020 11:04 WIB

Terasjabar.id - Sosok diplomat Indonesia yang bernama Silvany Austin Pasaribu mendadak viral, alias ramai menjadi perbincangan.

Menjadi viral, setelah Silvany memukul telak perwakilan Vanuatu dalam sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa ( Sidang PBB) yang dianggap mencampuri urusan dalam negeri Indonesia terkait Papua.

Dalam sidang umum PBB yang digelar Sabtu (26/9/2020), dilansir Kompas.com, Silvany sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia bicara secara lantang.

Dia menegaskan bahwa Vanuatu bukan perwaklian warga Papua saat menyampaikan hak jawab atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia ( HAM) yang dilontarkan Vanuatu terhadap Indonesia.

"Anda bukanlah representasi dari orang Papua, dan berhentilah berfantasi untuk menjadi salah satunya," kata Silvany dalam sidang tersebut.

Dalam rekaman video resmi PBB, Silvany menyebut Vanuatu memiliki obsesi yang berlebihan dan tidak sehat tentang bagaimana Indonesia harus bertindak atau memerintah negaranya sendiri.

Sebab, hampir setiap tahun dalam Sidang Umum PBB, Vanuatu selalu menyinggung isu dugaan pelanggaran HAM yang dialami masyarakat Papua.

tribunnews
ILUSTRASI: Kondisi Papua. Stadion Papua Bangkit, Jayapura (instagram@stadionpapuabangkit)

Ini merupakan tuduhan yang dianggap Indonesia sengaja digaungkan untuk mendukung separatisme.

“Indonesia akan membela diri dari segala advokasi separatisme yang disampaikan dengan kedok kepedulian terhadap hak asasi manusia yang artifisial,” kata Silvany.

Atas aksinya tersebut, Silvany pun mengundang decak kagum publik di Tanah Air dan membuat publik penasaran terhadap sosoknya.

Dikutip dari situs kemlu.go.id, Silvany Austin Pasaribu menjabat sebagai Sekretaris Kedua Fungsi Ekonomi I Perutusan Tetap RI untuk PBB, New York, Amerika Serikat.

Ia merupakan salah satu diplomat muda Indonesia yang bertugas di sana.

Dikutip dari Tribunnews, Silvany merupakan lulusan Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran ( Unpad), Bandung, Jawa Barat.

tribunnews
Suasana di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Kamis (26/3/2020). (Tribun Jabar/Ery Candra)

Ia lantas berkarier di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan mendapat gelar S2 setelah berkuliah magister di Universitas Sydney, Australia.

Silvany juga pernah bertugas sebagai Atase Kedutaan RI di Inggris sebelum bertugas di Kantor Perwakilan Tetap RI untuk PBB di New York.

Saat Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 2018, Silvany masih tergolong pegawai baru Kemenlu.

Meskipun demikian, ia sudah terjun menjadi liaison officer (LO) dalam acara tersebut.

Publik, khususnya di media sosial, banyak yang memuji kepiawaian Silvany tersebut, salah satunya pujian di akun Twitter @Lundayee.

" Diplomat RI di sidang umun PBB. Catet! Bukan Haikal, bukan Fadli, bukan Andre, juga bukan KAMI. Tapi, Silvany Agustin Pasaribu," tulis dia.

"Diplomat Indonesia Silvany Austin Pasaribu, tegas saat menjawab tudingan PM Vanuatu di sidang majelis umum PBB. Top sih Mbak satu ini," tulis akun lainnya, @Rheinoarie.(Tribunjabar.id)




Unpad Viral Indonesia Silvany Papua


Loading...