Perang Armenia-Azerbaijan Pecah di Nagorno Karabakh, 23 Orang Dilaporkan Tewas Setelah 1 Desa Dibom

Perang Armenia-Azerbaijan Pecah di Nagorno Karabakh, 23 Orang Dilaporkan Tewas Setelah 1 Desa Dibom
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 28 September 2020 10:13 WIB

Terasjabar.id - Perang antara Azerbaijan dan Armenia terjadi di kawasan Nagorno-Karabakh.

23 orang dilaporkan tewas yang terdiri dari warga sipil dan militer.

Konflik terpanas sejak 2016 itu berpotensi menjadi gesekan skala besar, PBB hingga Amerika Serikat (AS) menyerukan perundingan. ( perang Armenia-Azerbaijan di Nagorno-Karabakh )

Akar perselisihan ini terjadi karena masalah teritorial Nagorno Karabakh, di mana Yerevan mendukung kelompok pemberontak di sana.

Kantor jaksa agung Azerbaijan menyatakan, lima orang anggota keluarga tewas ketika separatis Armenia mengebom desa bernama Gashalty.

Sementara separatis di Karabakh menuturkan, 16 anggota mereka, seorang perempuan dan satu anak-anak tewas, serta 100 lainnya terluka.

tribunnews
Dalam foto yang dirilis Kementerian Pertahanan Armenia pada 27 September 2020, menunjukkan ketika tentara mereka menghanguskan tank Azerbaijan di garis depan wilayah yang dikuasai separatis di Nagorny Karabakh. (Armenian Defense Ministry via AP)

Dilansir AFP dan Sky News, Minggu (27/9/2020), kedua kubu juga mengeklaim bahwa mereka saling menjatuhkan persenjataan dalam perang.

Mereka mengaku sudah menjatuhkan dua helikopter dan tiga tank milik musuh.

Begitu juga dengan kementerian pertahanan pemberontak.

Separatis di Nagorno Karabakh menyatakan, mereka menghancurkan empat helikopter, 15 drone, serta 10 tank milik Azerbaijan.

Baku melalui juru bicara kepresidenan, Hikmet Hajiyev, mengeklaim bahwa mereka berhasil merebut sebuah gunung strategis milik musuh.

Dalam konferensi pers, Hajiyev mengatakan Puncak Murovdag setinggi 3.000 meter itu dipakai sebagai jalur transportasi dan komunikasi musuh.

Berbagai pihak di dunia pun meminta kepada dua negara pecahan Uni Soviet tersebut untuk menghentikan konflik dan duduk semeja.

Rusia menyatakan, Presiden Vladimir Putin dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mendiskusikan situasi melalui percakapan telepon.

tribunnews
File Photo - Pasukan Nagorno Karabakh bersiaga di parit artileri menghadapi konfrontasi Azerbaijan. (Russia Today)

Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov menginisiasikan langkah agar kedua pihak melakukan gencatan senjata, serta berunding guna mencari solusi.

Kemudian AS melalui kementerian luar negerinya juga mengaku telah menghubungi kedua kubu agar menghentikan tembak menembak dan segera bernegosiasi.

Wilayah Nagorny Karabakh direbut oleh separatis dari etnis Armenia dalam perang di periode 1990-an, yang merenggut nyawa 30.000 orang.

Upaya untuk meredam salah satu konflik mematikan sejak kejatuhan Soviet tersebut kolaps sejak gencatan senjata pada 1994. (Kompas.com/ Ardi Priyatno Utomo/Tribunjabar.id)



Armenia Azerbaijan Bom


Loading...