Sejumlah Petugas BPBD Sumbar Dibantu Warga dan Relawan Mengevakuasi Batu Besar di Tengah Jalan Padang-Painan

Sejumlah Petugas BPBD Sumbar Dibantu Warga dan Relawan Mengevakuasi Batu Besar di Tengah Jalan Padang-Painan
(Budi Sunandar/iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 28 September 2020 10:13 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah petugas BPBD Sumatera Barat (Sumbar) dibantu warga dan relawan kebencanaan mengevakuasi batu gunung besar yang jatuh ke jalan. Proses evakuasi pun dilakukan secara manual.

Batu gunung berdiameter 120cm jatuh dari ketinggian 1,5 meter di atas bukit karo, Sungai Baremas, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), Kota Padang. Batu itu jatuh dan menimpa jalan Raya Lintas Sumatera Padang Painan.

Akibat kejadian ini, akses jalan dari Padang menuju Painan terputus dan mengakibatkan kemacetan panjang selama satu jam.

Dari pantauan di lokasi, Senin (28/9/2020), tampak ada lebih dari 10 orang mencoba mengevakuasi batu besar itu dari tengah jalan.

Petugas gabungan dan warga evakuasi batu besar di tengah jalan (Budi Sunandar/iNews)
Petugas gabungan dan warga evakuasi batu besar di tengah jalan (Budi Sunandar/iNews)

Dengan menggunakan kayu, petugas dan warga saling bahu membahu berusaha mencongkel kayu dari bawah. Tak hanya itu, batu juga diikat oleh kawat sling yang dihubungkan ke mobil BPBD.

Ketika mobil mundur untuk menarik batu, petugas dan warga langsung mencongkel dan mendorong agar batu bergeser. Usaha tak mengkhianati hasil, setelah satu jam didorong, batu besar itu akhirnya berhasil dipinggirkan.

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengatakan, batu itu dievakuasi selama satu jam oleh petugas gabungan.

"Sejumlah petugas BPBD dibantu warga dan relawan kebencanaan melakukan proses evakuasi secara manual dengan menggunakan tali sling baja dan kayu," kata Surtan.

Saat ini, kemacetan sudah terurai dan pengendara sudah bisa melalui jalur ini.

Disadur dari iNews.id

BPBD Sumbar Batu Gunung Besar Proses Evakuasi Jalan Padang-Painan


Loading...