Ini Aturan Masker Kain Ber-SNI Mulai Bahan dan Cara Pengemasan, Bagaimana dengan Masker Scuba?

Ini Aturan Masker Kain Ber-SNI Mulai Bahan dan Cara Pengemasan, Bagaimana dengan Masker Scuba?
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 28 September 2020 09:56 WIB

Terasjabar.id - Standar Nasional Indonesia (SNI) 8914.2020 Tekstil-Masker dari kain baru saja ditetapkan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Nasrudin Irawan mengatakan SNI itu disusun Kemenperin.

SNI diatur dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 melalui penggunaan masker kain.

Masker kain bisa berfungsi dengan efektif jika digunakan dengan benar, antara lain untuk mencegah percikan saluran napas (droplet) mengenai orang lain.

Saat ini, masker kain yang beredar di pasaran ada yang terdiri dari satu lapis, dua lapis dan tiga lapis.

Contoh masker kain satu lapis yang banyak beredar adalah masker scuba atau buff.

FOLLOW JUGA : 


Namun, sesuai SNI, masker kain yang berlaku terdiri atas minimal dua lapis kain.

Dalam SNI terbaru itu, masker kain SNI juga harus memenuhi syarat dalam pengemasannya, antara lain masker kain dikemas per buah, dilipat, atau dibungkus plastik.

Lalu kemasan masker harus diberi keterangan merek, negara pembuat, jenis serat lapisan, label cuci sebelum pakai, petunjuk pencucian, dan tipe masker dari kain.

"SNI 8914:2020 menetapkan persyaratan mutu masker yang terbuat dari kain tenun dan/atau kain rajut dari berbagai jenis serat, minimal terdiri dari dua lapis kain dan dapat dicuci beberapa kali (washable)," ucap Nasrudin dalam keterangan resminya, Senin (28/9/2020).

Meskipun demikian, dalam ruang lingkup SNI ini, terdapat pengecualian, yaitu standar ini tidak berlaku untuk masker dari kain nonwoven (nirtenun) dan masker untuk bayi.

“Selain itu, standar ini tidak dimaksudkan untuk mengatasi semua masalah yang terkait dengan keselamatan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan dalam penggunaannya,” jelas Nasrudin.

Pemilihan bahan untuk masker kain juga perlu diperhatikan karena filtrasi dan kemampuan bernapas bervariasi tergantung pada jenis bahan.

Efisiensi filtrasi tergantung pada kerapatan kain, jenis serat dan anyaman.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

Filtrasi pada masker dari kain berdasarkan penelitian adalah antara 0,7 persen sampai dengan 60 persen.

Semakin banyak lapisan, akan semakin tinggi efisiensi filtrasi.

Dalam SNI 8914:2020, masker kain dibagi ke dalam tiga tipe, yaitu tipe A masker kain untuk penggunaan umum, tipe B untuk penggunaan filtrasi bakteri, dan tipe C untuk filtrasi partikel.

Adapun, pengujian yang dilakukan, di antaranya uji daya tembus udara dilakukan sesuai SNI 7648; uji daya serap dilakukan sesuai SNI 0279; uji tahan luntur warna terhadap pencucian, keringat, dan ludah; pengujian Zat warna azo karsinogen; serta aktivitas antibakteri.

Untuk pengemasan, menurut Nasrudin, masker dari kain ini dikemas per buah dengan cara dilipat dan/atau dibungkus dengan plastik.(Tribunjabar.id)



Aturan Masker SNI Pengemasan Masker Scuba


Loading...