Sebanyak 2 Unit Ekskavator Ukuran Kecil Dikerahkan Keruk Lumpur di Kali Mampang Jaksel, Antisipasi Banjir

Sebanyak 2 Unit Ekskavator Ukuran Kecil Dikerahkan Keruk Lumpur di Kali Mampang Jaksel, Antisipasi Banjir
(Antara/Dok. Kodim 0504/Jakarta Selatan : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 28 September 2020 08:11 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 2 unit alat berat berupa ekskavator ukuran kecil dikerahkan untuk mengeruk lumpur dan mengangkat sedimen yang mengendap di dasar Kali Mampang, Jakarta Selatan (Jaksel). Kegiatan tersebut bagian dari program Grebek Lumpur yang dicanangkan Pemprov DKI untuk mengantisipasi banjir memasuki musim hujan.

Camat Mampang Prapatan Djaharuddin mengatakan, kondisi Kali Mampang sebelum dikeruk mengecil sehingga aliran air tidak lancar. Kondisi tersebut dinilai bisa menyebabkan banjir di sekitar lokasi saat hujan deras.

"Dampaknya kalau kali meluap, aliran airnya dapat menggenangi Jalan Kemang Utara IX, sehingga terjadi banjir," uja Djaharuddin di Jakarta, Minggu (27/9/2020).

Membersihkan Kali Mampang ini melibatkan 3 pilar, yakni anggota TNI, Polri serta unsur pemerintah kota dari pasukan biru Sudin SDA, PPSU Kecamatan dan PJLP dari Sudin lingkungan Hidup.

Danramil 02/Mampang Prapatan, Mayor Arh Slamet menuturkan, kegiatan ini sekaligus meningkatkan solidaritas dan kerja sama yang baik antar Babinsa dengan masyarakat di wilayah binaannya.

"Kegiatan ini seperti menumbuhkan kebersamaan, kepedulian dan saling menjaga antar sesama, serta menumbuhkan kekompakan antara TNI dan masyarakat," tutur Slamet.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Wali Kota Jaksel Marullah Matali. Upaya antisipasi banjir di musim hujan juga sudah dilakukan di sejumlah kelurahan di wilayah Jakarta Selatan. Sebelumnya, Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru melaksanakan pengerukan Kali Grogol pada Kamis (24/9/2020).

Kemudian, di Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan juga melakukan pengerukan dan pembersihan lumpur di Kali Cideng, pada Jumat (25/9). Menyusul selanjutnya pembersihan saluran penghubung (PHB) Saharjo di Kecamatan Setiabudi dijadwalkan oleh Sudin SDA Jakarta Selatan pada Rabu (30/9/2020).

Disadur dari iNews.id

Banjir Hujan Deras Musim HUjan Ekskavator Pemprov DKI


Loading...