Gubernur Sumsel Mendorong Kabupaten Empat Lawang Menjadi Lumbung di Sumsel

Gubernur Sumsel Mendorong Kabupaten Empat Lawang Menjadi Lumbung di Sumsel
(iNews/Bambang Irawan : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 27 September 2020 13:39 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mendorong Kabupaten Empat Lawang menjadi lumbung pangan di Sumsel. Sebab petani sudah bisa melakukan panen raya bersama warga.

"Ini berita baik, sekarang tugas gubernur, bupati dan jajarannya. Bagaimana caranya agar produksi ini lebih meningkat lagi. Peningkatan itu bisa dilakukan dengan cara menambah luas tanam atau intensifikasi" ujar Herman, Sabtu (26/9/2020).

Dalam kesempatan ini, Herman Deru membagikan tips kepada petani agar dapat mengikuti jejaknya meningkatkan produksi padi seperti di Ogan Komering Ulu Timur.

Menurut Herman, dirinya pernah belajar bertani selama berkeliling ke beberapa negara seperti Brunei, Filipina, Taiwan dan Thailand. Dari sana, dia memahami petani adalah kunci utama dalam mendongkrak produksi padi.

"Jadi Saya pernah tantang ahli pertanian dari Taiwan untuk meningkatkan produksi di OKU Timur saat itu. Waktu itu petani baru bisa panen 6 ton per hektare. Tapi si Kim (ahli pertanian) ini berani pasang target 14 ton. Asalkan sistem bertaninya mengikuti cara dia," ujar dia.

Teknik Kim berhasil panen padi 14 ton di OKU Timur. Tak berapa lama, para petani menghadap Herman agar Kim dipulangkan ke Taiwan karena sudah mempelajari teknik bertani.

"Tahu nggak berapa produksinya padi yang dihasilkan petani? Setelah ditinggal Kim mereka tetap panen lagi 6 ton seperti semula. Tahu nggak salahnya dimana? Itu karena kita tidak disiplin. Karena itu saya minta petani di sini disiplin, mulai dari pembibitan, pemupukan sampai panen biar losses (kerugian) tidak banyak," kata dia.

Usai menyampaikan sambutan, HD juga memberikan bantuan kepada Pemkab Empar Lawang berupa 1 unit freezer, 1 unit cool box, 3 unit power theresser, serta 3 paket UPPU. Selain itu benih padi kepada perwakilan kelompok petani di Kabupaten Empat Lawang.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad mengakui selama kepemimpinan Herman Deru pertumbuhan Kabupaten Empat Lawang makin menggeliat.

"Kami akui Empat Lawang semakin menggeliat berkat Pak Herman Deru. Bantuan yang diberikan benar-benar membantu kami yang memiliki APBD Rp1 triliun ini," jelasnya.

Dalam kunjungan kerja ini, Herman didampingi Anggota DPRD Sumsel Dapil VII Alfrenzi Panggarbesi dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel yakni, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumsel Antoni Alam, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Fahrurozi, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumsel Robert Heri, Kepala Bapenda Provinsi Sumsel Dra Neng Muhibah, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel, Ernila, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dra Lesty Nuraini.

Disadur dari iNews.id

Gubernur Sulsel Kabupaten Empat Lawang Lumbung Pangan


Loading...