Rakernas Akutansi Melalui Vidcom, Menkeu RI Sri Mulyani Beri Penghargaan Kepada Kabupaten/Kota Peraih WTP

Rakernas Akutansi Melalui Vidcom, Menkeu RI Sri Mulyani Beri Penghargaan Kepada Kabupaten/Kota Peraih WTP
Editor: Malda Hot News —Kamis, 24 September 2020 14:21 WIB

Terasjabar.id, Kuningan - Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 melalui video teleconference diikuti oleh Bupati Kningan H Acep Purnama beserta jajarannya di ruang rapat Linggajati Kab Kuningan, Selasa (22/09/2020). Turut hadir dalam acara vicon tersebut Wabup H. M Ridho Suganda, SH.,M.Si, Sekda Dr. H. Dian R Yanuar, M.Si, Inspektorat Drs. Deniawan, M.Si., Kepala Bappeda Ir. Usep Sumirat, dan Kepala BPKAD Kab Kuningan.

Untuk pertama kalinya Rakernas tahun 2020 dilakukan secara daring mengingat masih pandemi Covid-19. Agenda puncak Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 adalah penyampaian Keynote Speech oleh Menteri Keuangan, Pemberian Penghargaan WTP kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang berhasil meraih Opini WTP 10x Berturut-Turut, 5x Berturut-Turut, dan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019, serta pemberian BMN Awards.

Kabupaten Kuningan Berhasil mempertahankan opini WTP 6 kali berturut-turut melalui video conference Pemkab Kuningan meraih penghargaan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat Rakernas Akuntansi dan Pelaporan keuangan pemerintah tahun 2020.

Gambar

Selain itu, Talkshow dengan tema “Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara dalam Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional” dengan narasumber Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP, Gubernur Sumatera Barat, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung, dengan moderator Inspektur Jenderal Kemenkeu.

Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI DR. Andin Hadiyanto, M.A mengatakan bahwa, Rakernas ini atas dasar koordinasi dan sinergitas dari berbagai pihak terutama keterlibatan dirjen Negara Kementerian dan Keuangan dalam penganugrahan BMN Award sebagai bentuk apresiasi atas pengelolaan BUMN yang terbaik.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, S.E.,M.Sc.,Ph.D mengapresiasi kepada kementerian dan lembaga pemerintah yang berhasil mengelola Barang Milik Negara (BMN) dengan baik lewat BMN Awards dengan berbagai kategori. ungkapnya

Sri Mulyani memberi arahan terkait langkah-langkah pengelolaan ekonomi masa pandemi Covid-19 dengan cara meningkatkan dan memperkuat peran aparat pengawas intern pemerintah didalam mengawal program penangan pandemi covid-19 dimasing – masing kementerian lembaga dan daerah baik di pusat maupun di daerah guna penanganan kesehatan dan untuk pemulihan ekonomi, melakukan inventarisasi dan akselerasi penyelesaian berbagai peraturan yang menjadi payung hukum, serta perlu menyusun petunjuk teknis yang komperhensif dengan kondisi yang ada di lapangan.

Gambar

Diharapkan seluruh kementerian Negara dan lembaga serta pemerintahan daerah terus memperbaiki sistem informasi data yang akan menjadi basis didalam melaksanakan program – program untuk penanganan bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi. Pemerintah akan terus membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan termasuk BPK, didalam merumuskan strategi antisipasi terhadap berbagai tantangan dalam penyusunan laporan keuangan dan dalam proses pemeriksaan laporan keuangan tahun 2020. (H WAWAN JR)

Kuningan VidCom Sri Mulyani WTP


Loading...