Menjelang Musim Hujan Jakarta Mulai Dihantui Kebanjiran di Berbagai Wilayah, Gubernur DKI Jakarta Masih Pakai Pompa Tua untuk Sedot Air

Menjelang Musim Hujan Jakarta Mulai Dihantui Kebanjiran di Berbagai Wilayah, Gubernur DKI Jakarta Masih Pakai Pompa Tua untuk Sedot Air
(AyoJakarta.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 24 September 2020 12:24 WIB

Terasjabar.id - Menjelang musim hujan, Jakarta mulai dihantui kebanjiran di berbagai wilayah. Untuk menanggulangi peristiwa tahunan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih mengandalkan pompa tua penyedot air.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf mengatakan dari sekitar 478 pompa mobile atau stationer, banyak yang berusia di atas 10 tahun. Namun pihaknya sampai saat ini belum berniat menggantinya.

"Memang banyak pompa-pompa kita ada yang umurnya itu di atas 10 tahun," ujar Juaini saat dikonfirmasi, Kamis (24/9/2020).

Juaini beralasan pihaknya belum mau mengganti pompa tua itu karena masih bisa berfungsi dengan baik. Ia lebih memilih melakukan perawatan rutin agar bisa terus digunakan.

"Kita lakukan pemeliharaan rutin. Emang perlu dirawat," jelasnya.

Kendati demikian, Dinas SDA disebutnya sudah melakukan pengadaan 19 unit pompa tapi hanya jenis mobile. Saat ini prosesnya masih dalam tahap pelelangan.

"Untuk penambahan baru di tahun ini baru pompa mobile aja," tuturnya.

Untuk rumah pompa atau stationer disebutnya baru akan ditambah tahun depan karena masalah anggaran. Nantinya dana yang akan digunakan adalah pinjaman dari Pemerintah Pusat lewat PT Sarana Multi Infrastruktur untuk pemulihan ekonomi karena pandemi.

"Kemudian untuk yang penambahan rumah pompa baru folder folder baru mungkin di awal tahun 2021," pungkasnya.

Disadur dari Suara.com 

Banjir Musim Hujan DKI Jakarta Gubernur DKI Jakarta


Loading...