Khas Makanan Arab Menjadi Salah Satu Kegemaran Sebagian Besar Masyarakat Indonesia, Berikut 10 Makanan Arab Paling Lezat dan Terkenal di Dunia

Khas Makanan Arab Menjadi Salah Satu Kegemaran Sebagian Besar Masyarakat Indonesia, Berikut 10 Makanan Arab Paling Lezat dan Terkenal di Dunia
Ilustrasi (Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 24 September 2020 10:06 WIB

Terasjabar.id - Khas makanan Arab menjadi salah satu kegemaran sebagian besar masyarakat Indonesia. Cita rasa dari kekayaan rempah-rempah, serta sensasi pedasnya begitu terbilang cocok di lidah. Tak heran beberapa menu di antara makanan khas Timur Tengah ini punya tempat istimewa di hati para pecinta kuliner.

Bahkan dikenal di berbagai belahan dunia dengan rasa yang lezat. Sajian makanan Arab yang kaya rempah dengan aroma menggugah selera ini, sudah banyak dijajakan di berbagai kota di Tanah Air. Beberapa restoran ternama sudah mencantumkan menu andalan seperti nasi kebuli, sayuran segar, hingga buah-buahan khas Arab.

Selain itu, masih ada beberapa pilihan makanan Arab lain yang tak kalah lezatnya. Beberapa di antaranya menjadi kegemaran Raja Salman dan sempat mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Bagi para pecinta kuliner, jangan sampai terlewat untuk menikmati sensasi kelezatannya.

Berikut beberapa makanan Arab paling lezat dan terkenal di dunia, dilansir dari situs Liputan6.

Luqaimat

Luqaimat atau lokma merupakan makanan Arab yang sangat populer di Turki. Dalam bahasa lain, dikenal sebagai kue kering. Luqaimat akan membuat Anda tergiur dengan aroma manisnya, sangat cocok jadi teman bersantai sambil menikmati secangkir kopi atau teh.

Luqaimat atau lokma terbuat dari adonan beragi yang digoreng, lalu direndam dalam sirup atau madu. Terkadang dilapisi dengan kayu manis atau bahan lainnya.

Tabbouleh

makanan arab paling lezat

Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Nominasi makanan Arab pertama yang termasuk digemari ialah tabbouleh atau tabouleh, dikenal pula sebagai saladnya orang Arab. Sebuah hidangan vegetarian Timur Tengah, memadukan antara peterseli, daun mint, bawang, bulgur, daun bawang, dan tomat.

Selanjutnya diberi penyedap rasa berupa minyak zaitun, perasan lemon, dan garam. Beberapa kreasi tabbouleh, menambahkan bawang putih atau selada, atau menggunakan couscous. Salah satu makanan etnis populer di Barat.

Falafel

makanan arab paling lezat

Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Makanan Arab selanjutnya yang tak kalah lezat ialah falafel. Jika dilihat sekilas, nampak menyerupai perkedel. Namun tahukah Anda, bahwa falafel merupakan jenis menu sayuran.

Dibuat dari kacang Arab yang digiling, lalu dipadatkan dan dibuat bola-bola kecil. Sebagian ada yang mengolahnya dari buncis goreng. Kemudian disajikan bersama selada, asinan dan acar sayuran, serta saus pedas.

Mutabaq

Sekilas melihat mutabaq hampir menyerupai martabak khas Nusantara. Makanan Arab yang satu ini dibuat dari kue dadar isi atau roti goreng. Sesuai dengan namanya, mutabaq secara bahasa artinya "dilipat".

Murtabak atau mutabaq sering dideskripsikan sebagai pancake omelet lipat pedas dengan potongan sayuran. Tak beda jauh dengan martabak, menu ini berisi telur, dicampur dengan daun bawang dan daging cincang. Lalu dilipat, digoreng, dan dipotong persegi.

Halloumi Grilled

makanan arab paling lezat

Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Makanan Arab yang paling diburu oleh para pecinta kuliner, yakni halloumi grilled. Terbuat dari keju yang diasamkan, berbahan dasar utama susu domba atau kambing atau campuran dari keduanya. Lalu dipotong menjadi lembaran tebal dan dipanggang.

Warna halloumi bervariasi, mulai dari putih hingga kekuning-kuningan. Terasa lebih lezat bila ditambahkan daun mint. Selain menjadi penambah cita rasa secara tradisional, daun ini akan membuatnya lebih awet.

Kebab

ilustrasi kebab

©2020 Merdeka.com/pixabay

Khas makanan Arab berikutnya yang tak boleh sampai kelewatan untuk dicoba adalah kebab. Salah satu menu populer yang sudah banyak dijajakan di pinggir jalan. Menu makan besar yang lezat dan sangat praktis untuk mengenyangkan perut dengan cepat.

Kebab ada yang diolah dengan cara disemur atau digoreng. Menggunakan isian berupa daging, selada, timun, tomat, dan bawang bombay. Kemudian disajikan bersama saus sambal, saus tomat, keju dan mayonnaise.

Meddamas Foul

makanan arab paling lezat

Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Meddamas foul atau ful medames termasuk menu populer di Arab dan Mesir. Berbahan dasar kara oncet atau kacang fava, minyak zaitun, peterseli, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, perasan lemon dan cabai.

Salah satu makanan pokok yang menggiurkan, dan terasa makin nikmat disajikan bersama roti khas Arab dan telur rebus.

Malabari Paratha

Malabari paratha lebih familiar pelafalan orang Indonesia sebagai roti canai. Sejenis roti pipih yang banyak ditemukan di wilayah Timur Tengah dan India. Umumnya dinikmati bersama kari kambing atau domba.

Hummus

makanan arab paling lezat

Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Khas makanan Arab selanjutnya yang patut dicoba ialah hummus. Sajian kuliner dengan bahan dasar tepung roti dan kacang kedelai yang menggiurkan. Roti tradisional Arab ini kerap disajikan bersama kentang panggang. Supaya lebih sedap, Anda bisa menambahkan potongan bawang putih dalam penyajiannya.

Manakeesh

makanan arab paling lezat

Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Manakeesh atau manakish merupakan pizza ala negeri Arab. Bentuknya roti bundar yang ditaburi keju, daging giling, dan sayuran pada bagian atasnya. Biasanya manakeesh disajikan untuk menu sarapan atau makan siang.

Sensasi rasanya yang gurih berpadu lezat dengan sedikit pedas membuat manakeesh jadi salah satu menu makanan Arab yang cukup dikenal di dunia.

Itulah beberapa makanan Arab yang termasuk paling lezat dan terkenal di dunia. Sebagai pecinta kuliner, alangkah baiknya untuk mencoba sensasi baru dari rempah khas Timur Tengah tersebut. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Merdeka.com 

Makanan Khas Arab Pecinta Kuliner Makanan Khas Timur Tengah


Loading...