Presiden Jokowi Memastikan Pembangunanan Food Estate di Kalteng dan Sumsel Sudah Memiliki Sejumlah Progres, Ada Beberapa Masalah yang Dihadapi

Presiden Jokowi Memastikan Pembangunanan Food Estate di Kalteng dan Sumsel Sudah Memiliki Sejumlah Progres, Ada Beberapa Masalah yang Dihadapi
(Setpres Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 23 September 2020 11:09 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan lumbung pangan nasional atau food estate di Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan sudah memiliki sejumlah progres. Namun, dia mengakui ada beberapa masalah yang dihadapi.

Salah satunya berkaitan dengan lahan. “Sudah ada sejumlah progres di lapangan meskipun masih terdapat beberapa masalah yang perlu segera diselesaikan, yaitu yang berkaitan dengan kepemilikan lahan di area food estate,” katanya saat membuka rapat terbatas, Rabu (23/9/2020).

Dia meminta kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menuntaskan ini. “Ini menimbulkan sedikit masalah. Tetapi saya yakin dan saya minta Menteri ATR /BPN ini bisa segera menuntaskan ini karena ini menyangkut area yang sangat luas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengingatkan pentingnya rumusan rencana induk pelaksanaan food estate. Dengan begitu keseluruhan dari berbagai aspek bisa dilihat dan bisa segera diselesaikan.

“Baik untuk yang di daerah irigasi di Kalimantan Tengah seluas 148.000 hektare. Ini yang dipakai untuk tanam padi. Dan juga yang lahan yang di luar, nonirigasi seluas 622.000 hektare. ini dikembangkan untuk tanaman singkong jagung dan lain-lainnya serta peternakan,” tuturnya.

Disadur dari iNews.id

Presiden Jokowi Food Estatem Kalimantan Tengah Sumatera Selatan


Loading...