Advertisement

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Mengatakan 85 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Akibat Penyakit Penyerta

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Mengatakan 85 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Akibat Penyakit Penyerta
(kabar24 - Bisnis.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 22 September 2020 13:19 WIB

Terasjabar.id - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, penyakit penyerta (komorbid) menyumbang kematian terbesar akibat Covid-19. Doni mengatakan, dari tingkat kematian 80-85 persen disebabkan komorbid.

"Komorbid menjadi korban terbesar sekitar 80-85 persen," kata Doni ketika rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Selasa (22/9).

Doni mengungkap, di Jawa Timur seperti disampaikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa, 91,9 persen kematian Covid-19 merupakan akibat penyakit penyerta. Paling tinggi karena pasien memiliki penyakit diabetes.

"Di Jawa Timur, catatan yang disampaikan dan dilaporkan Ibu Gubernur Jawa Timur 91,9 persen masyarakat yang wafat atau yang meninggal adalah penderita komorbid, dan tertinggi adalah mereka yang memiliki diabetes," kata Kepala BNPB ini.

Berdasarkan data RS Persahabatan, kematian dialami pasien dengan gejala berat dan kritis. Pasien dengan komorbid memiliki risiko lebih tinggi. Sangat kecil pengidap komorbid dengan gejala yang kritis dapat diselamatkan.

"Apabila kondisi ini dialami oleh pasien yang memiliki komorbid, maka sangat kecil kemungkinan penanganan medis dapat menyelamatkan jiwa," kata Doni.

Lansia Sumbang Angka Kematian

Selain itu, lansia yang berusia di atas 60 tahun juga menyumbang angka kematian tinggi dibanding usia lainnya. Karena itu, salah satu target utama Satgas Penanganan Covid-19 adalah melindungi penderita komorbid dan tenaga kesehatan.

Doni juga mengungkap, angka kesembuhan nasional di atas rata-rata 73 persen. Sedangkan, angka kematian berada di atas rata-rata global 3,1 persen.

"Ini sangat fluktuatif, hari ini kita berada di atas global tetapi kalau kita lengah saja sedikit, kita bisa di bawah global. Demikian jg angka kasus terkonfirmasi positif sangat fluktuatif setiap harinya," kata Doni.

Disadur dari Merdeka.com 

Pandemi Virus Corona Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Penyakit Penyerta


Related Post



Loading...