Tenaga Kesehatan Sudah Bisa Melakukan Pemeriksaan Covid-19 Baik Dengan Tes Swab Maupun PCR Secara Grasis

Tenaga Kesehatan Sudah Bisa Melakukan Pemeriksaan Covid-19 Baik Dengan  Tes Swab Maupun PCR Secara Grasis
Ilustrasi (KalderaNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 22 September 2020 12:24 WIB

Terasjabar.id - Tenaga kesehatan (nakes) sudah bisa melakukan pemeriksaan Covid-19 baik dengan PCR maupun Swab secara gratis. Selain tes PCR gratis, pemeriksaan kesehatan juga akan digratiskan.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M Faqih pelayanan kesehatan gratis bagi nakes sebagai bentuk perlindungan para nakes saat bertugas dalam penanganan pasien Covid-19.

“Dan baru-baru ini kami juga sangat bersyukur apresiasi petugas kesehatan akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis. Meskipun ini baru dimulai di Jabodetabek kami kami berharap ini akan dilakukan di semua daerah terutama di 9 atau 10 daerah sasaran utama yang kasus Covid yang sangat tinggi,” kata Daeng dalam diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Daeng juga mengatakan saat ini ada 117 dokter yang telah gugur terpapar Covid-19. Dia mengatakan gugurnya para dokter menjadi evaluasi bersama antara pemerintah dan IDI.

“Artinya memang di pelayanan kesehatan ini, bagi kawan-kawan tenaga kesehatan yang melakukan perawatan kepada saudara kita yang sakit, barangkali memang perlu kita tingkatkan perlindungannya. Jadi proses-proses pendampingan ya, kemudian mensupport untuk perlindungan lebih baik. Misalnya APD tetap dijaga,” katanya.

Daeng mengatakan dengan pemeriksaan PCR hingga pemeriksaan kesehatan para nakes secara gratis, ini merupakan bentuk support dari pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kepada para nakes.

“Kami tahu ke Satgas itu sebagai perwakilan pemerintah itu sudah berusaha untuk mensupport APD. Dan alhamdulillah untuk proses perlindungan Satgas sebagai pemerintah juga sudah berdiskusi dengan kami dan alhamdulillah akan melakukan pemeriksaan PCR ke petugas kesehatan secara gratis ya,” kata Daeng.

Daeng menambahkan dengan terlaksananya secara rutin tes PCR kepada petugas kesehatan itu akan menekan risiko yang serendah-rendahnya proses penularan. “Karena kita banyak tahu di lapangan penularan di petugas kesehatan nih tinggi. Karena apa? Karena memang petugas kesehatan ini yang bersentuhan dengan pasien Covid, sehingga risiko yang sangat tinggi," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Tes PCR Gratis IDI Swab Tenaga Kesehatan


Loading...