Masih Zona Hijau Atau Tidak Terdampak Covid-19, Tiga Daerah di Kalbar Justru Rawan Ledakan Kasus Covid-19

Masih Zona Hijau Atau Tidak Terdampak Covid-19, Tiga Daerah di Kalbar Justru Rawan Ledakan Kasus Covid-19
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 22 September 2020 08:38 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) mengingatkan potensi ledakan kasus Covid-19 di tiga kabupaten yang saat ini berstatus zona hijau. Ketiga kabupaten tersebut diminta segera melakukan tes swab dan mengirim sampelnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson mengatakan, tiga daerah yang saat ini masih zona hijau atau tidak terdampak Covid-19 yakni Sekadau, Kayong Utara, dan Sanggau. Namun hal itu bukan berarti ketiganya bebas dari kasus Covid-19.

"Tiga daerah ini masuk zona hijau bukan karena tidak ada kasus positif, tapi pemda setempat tidak mengirimkan sampel tes swab," kata Harisson di Pontianak, Senin (21/9/2020).

Harisson mengatakan, Pemprov Kalbar telah meminta ketiga daerah tersebut untuk segera menggelar tes swab, dan mengirimkan sampelnya ke Pontianak. Menurutnya, tanpa melakukan tes, daerah tersebut tidak akan tahu kondisi penyebaran Covid-19 yang sebenarnya terjadi.

"Karena jika tidak melakukan pemeriksaan, sewaktu-waktu kasusnya bisa meledak dan sangat membahayakan masyarakat di kabupaten itu," tuturnya.

Dia merinci, untuk saat ini Provinsi Kalbar secara keseluruhan berada pada zona kuning, atau berisiko rendah.

Sedangkan di tingkat kabupaten/kota, empat daerah berstatus zona oranye atau berisiko sedang, yakni Pontianak, Singkawang, Kubu Raya dan Sintang. Sisanya berada di zona kuning atau berisiko rendah, yakni Kapuas Hulu, Sambas, Ketapang, Bengkayang, Mempawah, Melawi, dan Landak.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Zona Hijau Pemprov Kalbar


Loading...