Ada Aktivitas Petir Gunung Salak di Momen Dentuman Misterius Jakarta

Ada Aktivitas Petir Gunung Salak di Momen Dentuman Misterius Jakarta
Detik News
Editor: Malda Hot News —Senin, 21 September 2020 10:20 WIB

Terasjabar.id - 

Asal dentuman yang terdengar warga Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur masih menjadi misteri. BMKG mencatat sejumlah peristiwa sambaran petir di rentang waktu terdengarnya dentuman di beberapa wilayah Jakarta malam tadi.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya yang ditulis Senin (21/9/2020), menyebutkan netizen di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur melaporkan dentuman terdengar antara pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB. Di rentang waktu itu, lightning detector BMKG mencatat ada petir di sekitar Gunung Salak, Bogor.

Daryono menegaskan BMKG enggan berspekulasi soal asal dentuman misterius di Jakarta. Namun, berikut ini adalah hasil monitoring awal BMKG terkait dentuman di Jakarta semalam:

1. Gempa dengan kedalaman sangat dangkal memang dapat menimbulkan suara dentuman, namun demikian saat warga melaporkan suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya.

2. Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB.

3. Namun demikian, hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB.

4. BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur. Namun demikian, acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga. Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir.

(gbr/fjp/CNN)

jakarta BMKG Dentuman


Loading...