Suara Dentuman Misterius Terjadi di Jakarta, BMKG Sebut Dentuman Tersebut Bukan Berasal dari Gempa Bumi

Suara Dentuman Misterius Terjadi di Jakarta, BMKG Sebut Dentuman Tersebut Bukan Berasal dari Gempa Bumi
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 21 September 2020 09:48 WIB

Terasjabar.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menduga suara dentuman misterius yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya berasal dari petir di Gunung Salak, Bogor.

"BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur. Namun demikian, acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Senin (21/9/2020).

"Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," imbuhnya.

Daryono menjelaskan hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Sementara itu hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Sebelumnya diberitakan sejumlah warga ibu kota mendengar suara dentuman. Namun mereka tidak tahu suara tersebut bersumber dari mana.

Disadur dari Okezone.com 

Suara Dentuman Jakarta BMKG Bogor


Loading...